Raptors Akan Pensiunkan No. 15 Vince Carter

| Penulis : 

Toronto Raptors menyusul langkah Brooklyn Nets untuk memberi penghormatan kepada Vince Carter. Pada 12-13 Oktober mendatang, Carter akan dilantik dalam Naismith Basketball Hall of Fame. Carter menjadi pemain pertama yang jerseinya dipensiunkan oleh Raptors.

Juara NBA 2019 itu memensiunkan No. 15 milik Carter. Raptors menjadi tim pertama Carter setelah terpilih sebagai No. 5 NBA Draft 1998. Carter berseragam Raptors pada 1998 hingga 2004. Rencananya Raptors akan menggelar prosesi tersebut pada 2 November 2024 saat mereka menjamu Sacramento Kings di Scotiabank Arena, Toronto.

Raptors memiliki pertimbangan sendiri. Selain pertama kalinya memensiunkan jersei pemain, Raptors juga akan merayakan ulang tahun tim yang ke-30 pada musim mendatang.  Selama tiga dekade itu, Raptors pernah menjadi juara NBA 2019.

Carter meraih berbagai catatan spesial selama tujuh musim membela Raptors. Ia memenangkan Rookie of the Year 1999. Berikutnya masuk NBA All-Star dan memenangkan Kontes Slam Dunk 1999. Carter selalu masuk All-Star sejak 2000 hingga 2007. Carter membukukan 23,4 poin, 5,2 rebound, dan 3,9 asis dengan Raptors.

Pada tahun keduanya dari 22 musim di NBA, Carter memimpin Raptors tampil pertama kalinya di playoff. Secara keseluruhan, Carter bermain tiga playoff dengan Raptors dengan mencapai semifinal wilayah pada 2001.

Bersama Raptors, Carter berhasil menjadi pusat perhatian. Kemampuan atletisnya dalam melakukan dunk membuat Carter pun mendapat julukan Air Canada. Kemenangan Carter dalam Kontes Slam Dunk 1999 itu menjadi salah satu dunk terbaik.

Carter ditukar ke Nets (New Jersey Nets) pada 2004. Nets menjadi persinggahan kedua terlama Carter. Ia berseragam Nets selama lima musim dengan rata-rata 23,6 poin, 5,8 rebound, dan 4,7 asis. Pada Mei lalu, Nets mengumumkan rencana memensiunkan jersey Carter No. 5. Acara itu dilakukan pada 25 Januari 2025 saat Nets melawan Miami Heat di Barclays Arena, New York.

Carter bermain dalam 1541 gim selama 22 tahun. Itu merupakan jumlah gim terbanyak ketiga di NBA setelah Robert Parish (1611) dan Kareem Abdul-Jabbar (1560). Sedangkan pemain aktif dengan gim terbanyak saat ini adalah LeBron James dengan 1492 gim. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Galau! Carmelo Anthony Ingin Main Lagi
Potensi Tim Derrick Rose Berikutnya Usai Dilepas Grizzlies
Chris Finch: Kami Akan Memakai Tiga Pemain Besar
Draymond Green Peringatkan Paul George Tentang Pendukung Sixers
Vincent Kosasih Pimpin Pelita Jaya Kalahkan Hawks!
LeBron James Ingin Jadi Analis Basket Setelah Pensiun
Janji Manis Joel Embiid dan Kekhawatiran Penggemar Sixers
LeBron James Pamer Tato Baru Logo Olimpiade
Mata Berwarna Kuning, Penggemar Khawatir Kesehatan Michael Jordan
A'ja Wilson Jadi MVP WNBA 2024 Dengan Suara Bulat