Pada musim 2023-2024, Zion Williamson mencatatkan rata-rata poin terendah sejak musim debutnya. Tetapi ia berhasil mempertahankan performa terbaiknya, dengan bermain dalam 70 pertandingan musim reguler, yang merupakan pencapaian tertinggi dalam kariernya. Menjelang musim 2024-2025 bersama New Orleans Pelicans, Williamson punya tiga target yang ingin dicapai.

Bermain bersama dua pencetak poin elit, CJ McCollum dan Brandon Ingram, Zion bukan lagi sebagai opsi penyerang utama di Pelicans. Sehingga dia bisa mengembangkan keterampilannya demi kemajuan tim. Ia mampu mencatatkan 5,0 asis per pertandingan, sambil menjaga turnover-nya tetap rendah di kisaran 2,8 per laga.

Zion juga menunjukkan beberapa dampak positif dalam bertahan. Dalam 36 menit, ia mencatat rata-rata tertinggi dalam kariernya di kedua blok pada 0,8, dan steal pada 1,3. Zion telah menjadi kekuatan dominan di NBA sejak ia memasuki liga. 

Berbicara pada sela-sela kunjungannya di Tiongkok bersama Jordan Brand, Zion punya tiga target yang ingin dipenuhi untuk musim 2024-2025. Pertama, dia ingin mencapai persentase tembakan tripoin sebesar 35 persen. Bintang-bintang mereka, Zion, CJ, BI, dan Dejounte Murray yang baru direkrut, semuanya mampu melakukan tembakan midrange dan menyerang area kunci. Namun mereka tidak bisa melakukan tripoin dengan baik. Dari nama-nama yang disebutkan, Zion merupakan penembak tiga angka terburuk. Sehingga Zion ingin meningkatkan permainannya dan timnya ke level yang lebih tinggi, dengan meningkatkan akurasi tembakan tripoinnya.

Target kedua adalah memainkan 65 pertandingan. Masalah terbesar dalam karier Zion sejauh ini adalah kurangnya ketersediaannya di lapangan. 70 pertandingan musim lalu adalah tolok ukur terbaiknya dan merupakan kejutan nyata bagi penggemar NBA. Sekarang, Zion harus membuktikan bahwa musim 2023-2024 bukanlah sebuah kebetulan, tetapi pertanda akan hal-hal yang lebih baik di masa mendatang.

CBA NBA yang baru menetapkan bahwa seorang pemain harus tampil dalam sedikitnya 65 pertandingan musim reguler agar memenuhi syarat untuk semua penghargaan liga. Memenuhi persyaratan itu akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan bahwa Zion dapat tetap sehat untuk melangkah maju, serta membuatnya tetap memenuhi syarat untuk dipilih sebagai All-NBA dan penghargaan lainnya.

Sementara target ketiga adalah mencetak lebih dari satu blok per pertandingan. Kemungkinan besar Pelicans akan memulai musim depan dengan rotasi center yang terdiri dari Daniel Theis, Yves Missi, dan Karlo Matkovic. Artinya, perlindungan ring mereka mungkin tidak akan ditakuti, kecuali Missi ternyata adalah pemain bertahan yang hebat. Masih banyak ruang untuk berkembang, dan Zion harus bisa menunjukkan bahwa ia juga bisa berkontribusi dalam pertahanan. 

Saat masuk NBA, Zion diharapkan menjadi salah satu pemblokir tembakan. Sayangnya, sejauh ini pertahanannya sangat mengecewakan jika dibandingkan dengan potensi yang dimilikinya. Dia belum pernah melampaui lebih dari 0,7 blok per pertandingan dalam satu musim. (*)

Foto: nba.com

Komentar