Seattle dan Las Vegas menjadi dua kandidat kuat sebagai kota ekspansi NBA. Berbeda dengan Las Vegas, Seattle sebelumnya pernah menjadi rumah SuperSonics, yang akhirnya berubah menjadi Oklahoma City Thunder. Namun dikutip dari berita ESPN, OKC Thunder bersedia mengembalikan semua catatan sejarah tentang SuperSonics, jika ada tim baru yang bermarkas di Seattle. Bahkan Thunder akan mengembalikan gelar juara 1979 milik SuperSonics. 

Kepindahan Seattle SuperSonics ke Oklahoma City pada tahun 2008, termasuk di antara relokasi olahraga yang paling berantakan dalam sejarah relokasi olahraga. Namun, jika SuperSonics kembali sebagai tim ekspansi, tampaknya setidaknya satu kesalahan langkah itu akan diperbaiki.

OKC Thunder akan mentransfer sejarah pra-relokasinya ke tim ekspansi Seattle di masa mendatang, menurut Tim Bontemps, Kevin Pelton, dan Brian Windhorst dari ESPN. Pengembalian tersebut akan mencakup gelar SuperSonics tahun 1979.

"Sumber mengatakan jika sebuah tim kembali ke Seattle, Thunder akan menyerahkan sejarah Seattle kembali ke SuperSonics, seperti halnya Charlotte Hornets dari NBA yang merebut kembali sejarah era Charlotte dari New Orleans Pelicans ketika Charlotte beralih dari Bobcats ke Hornets pada tahun 2014," tulis laporan tersebut. 

Menurut Bontemps, Seattle dan Las Vegas adalah kota kandidat terdepan, sementara Mexico City, Montreal, Vancouver, Kansas City, dan Louisville juga dapat dipertimbangkan.

Foto: Seattle SuperSonics on X

Ekspanis NBA telah menjadi topik pembicaraan setidaknya selama satu dekade terakhir. Dan, selama beberapa tahun terakhir telah ada laporan dan spekulasi tentang kota mana yang akan menjadi target liga untuk kontestan mereka berikutnya. Seattle selalu menjadi yang teratas sejak mantan tim kota itu, Seattle SuperSonics, dipindahkan ke Oklahoma City pada tahun 2008. 

Ada minat bersama yang jelas untuk membawa tim kembali ke Seattle, karena NBA telah mengadakan beberapa pertandingan pramusim di kota itu selama bertahun-tahun. Kevin Durant , yang direkrut oleh Seattle pada tahun 2007, dan memainkan musim rookie-nya untuk SuperSonics sebelum relokasi ke OKC tahun berikutnya, adalah di antara beberapa orang yang telah vokal tentang membawa NBA kembali ke Seattle.

Tidak ada jadwal mengenai kapan NBA berencana untuk melakukan ekspansi, meskipun ESPN melaporkan bahwa tim ekspansi dapat ditambahkan untuk musim 2027-2028. Kota resmi juga belum disebutkan, tetapi Seattle telah lama digosipkan sebagai salah satu tujuan yang disukai, begitu pula Las Vegas. Namun kapan pun itu terjadi, dan jika Seattle diberikan salah satu dari dua tim, kota itu tidak hanya akan mendapatkan tim NBA, mereka juga dapat memperoleh kembali nama "SuperSonics".

Meskipun musim 2027-2028 dikabarkan menjadi musim penambahan tim ekspansi, komisioner liga Adam Silver mengatakan minggu lalu bahwa tidak banyak diskusi selama rapat tahunan Dewan Gubernur mengenai ekspansi. Namun, Silver mengatakan ekspansi adalah topik yang direncanakan dewan untuk dibahas musim mendatang. Dengan CBA baru yang diurus musim panas lalu, dan kesepakatan hak siar televisi yang diselesaikan tahun ini, maka ekspansi tampaknya akan menjadi prioritas utama liga selama beberapa tahun ke depan. (*)

Foto: Complex

Komentar