Orlando Magic berada dalam salah satu posisi keuangan terbaik dibandingkan tim lain di NBA menjelang musim baru. Menurut Spotrac, daftar pemain aktif Magic memiliki total gaji sebesar AS$150,3 juta. Menjadi jumlah total gaji terendah keempat di seluruh NBA. Di bawahnya ada San Antonio Spurs, Utah Jazz, dan Detroit Pistons, yang memiliki gaji lebih sedikit saat berita ini diturunkan. 

NBA, berbeda dengan liga profesional lainnya, beroperasi dengan batasan gaji yang "lunak", yang berarti tim dapat melampaui batasan tersebut dalam kondisi tertentu untuk merekrut, memperdagangkan, atau mempertahankan pemain. Meskipun Magic telah melampaui batas gaji sekitar AS$9,8 juta untuk musim mendatang. Namun penalti tidak langsung diberikan kepada mereka. 

Ke-30 tim NBA harus beroperasi di atas batas gaji minimum, yaitu AS$126,5 juta pada musim 2024-2025, dan hanya Detroit yang saat ini berada di batas gaji minimum sebesar AS$140,5 juta.

Tim yang melebihi batas gaji tetapi di bawah batas "pajak mewah" pertama, berhak memanfaatkan MLE non-wajib pajak (pengecualian tingkat menengah) sebesar AS$12,2 juta, pengecualian dua tahunan sebesar AS$4,7 juta, dan tidak memiliki batasan perdagangan atau pembelian. Magic adalah salah satu dari 20 tim NBA yang saat ini ada dalam batasan tersebut.

CBA, atau perjanjian tawar-menawar kolektif yang dinegosiasikan antara Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional (NBPA) dan Dewan Gubernur, memiliki hukuman yang semakin berat bagi tim yang melampaui batas gaji. Kedua hal tersebut dikenal sebagai dua apron pajak, tempat yang semakin ingin dihindari oleh tim di era baru penyusunan daftar pemain.

CBA saat ini, yang berlaku hingga selesainya musim NBA 2029-2030, menerapkan dua celemek pajak pada pajak mewah. Batas pajak pertama, yang ditetapkan sebesar AS$178 juta. Sedangkan apron kedua, yang ditetapkan sebesar AS$188,9 juta, dengan konsekuensi yang lebih berat. Tim-tim yang saat ini ada di batasan kedua adalah Boston Celtics, Milwaukee Bucks, Minnesota Timberwolves, dan Phoenix Phoenix Suns. 

Kembali lagi ke Magic, mereka memasuki offseason ini dengan memiliki kelonggaran sekitar AS$50 juta dari batas gaji, dan memanfaatkan sebagian besarnya untuk mengontrak Kentavious Caldwell-Pope dengan kontrak tiga tahun senilai AS$66 juta. Magic kemudian menghabiskan sisa batas gaji untuk mengontrak ulang, menegosiasikan ulang, dan memperpanjang banyak anggota dari inti tahun lalu. Cory Joseph, yang menandatangani kontrak di akhir musim panas untuk menempati posisi ke-15 dalam daftar pemain, bergabung dengan gaji minimum veteran.

Situasi keuangan Orlando masih dalam kondisi baik. Perpanjangan kontrak lima tahun senilai AS$224 juta dari Franz Wagner tidak akan berlaku hingga musim depan, dan jika kubu Jalen Suggs dan Magic mencapai kesepakatan mengenai perpanjangan kontrak sebelum batas waktu 21 Oktober, maka perpanjangan kontrak tersebut juga tidak akan berlaku hingga musim 2025-2026.

Paolo Banchero tinggal setahun lagi untuk bisa memperpanjang kontraknya, di mana ia pasti akan menjadi penerima kontrak maksimal. Namun, catatan keuangan Magic sudah siap untuk menghadapi gaji besar yang akan datang di musim berikutnya. Magic juga memiliki pemain yang dapat menarik minat tim lain dengan kebutuhan posisional pada kesepakatan yang menguntungkan tim. (*)

Foto: Orlando Magic Daily

Komentar