Pidato berapi-api Toscano-Anderson selama final Piala Interkontinental FIBA ​​menarik perhatian besar. Mantan juara NBA dan bintang NBA G League tersebut mendapat kecaman dari mantan pemain NBA dan pemain EuroLeague setelah diduga mengejek pemain luar negeri. 

Toscano-Anderson berusaha untuk menyemangati sesama pemain G League United sebelum mereka kalah dari Unicaja Malaga. Pemain depan G League United itu berteriak kepada rekan-rekannya, "Setiap orang dari kita semua lebih baik dari sampah ini! Impian kita bukanlah bermain di ACB sialan, impian kita bukanlah bermain di EuroLeague sialan! Impian kita adalah bermain di National Basketball Association, nak, untuk menghasilkan jutaan dan ratusan juta dolar."

Toscano-Anderson dan G League United menghadapi kekalahan mengecewakan di Final Piala Interkontinental FIBA, kalah dari Unicaja 75-60. Meskipun kompetitif di babak pertama, kesulitan menyerang United di babak kedua terbukti merugikan. 

Performa Toscano-Anderson kurang bersemangat, finis dengan tujuh poin dan hanya melakukan tembakan 27,3 persen dari lapangan. Kekalahan ini menandai hilangnya kesempatan bagi Toscano-Anderson untuk merebut kejuaraan lainnya setelah gelar NBA 2022 bersama Warriors. G League United berhasil mencapai Final setelah menang tipis atas Tasmania JackJumpers, tetapi kalah telak dalam pertandingan yang menentukan ini.

Setelah potongan video Toscano-Anderson viral di media sosial, MVP EuroLeague Mike James mengkritik pernyataan tentang bola basket Eropa, menyoroti kontroversi terkini. James menanggapi tajam komentar Toscano-Anderson sebelum pertandingan tentang G League sebagai liga terbaik kedua di dunia.

"Sama sekali tidak mirip. Persentasenya kecil untuk berpikir seperti ini," cuit James, menepis penilaian Toscano-Anderson.

James juga mempersoalkan pidato Toscano-Anderson, dengan mengatakan, "Hanya karena impian Anda adalah bermain di NBA tidak berarti Anda lebih baik dari pemain di EuroLeague atau ACB. Dimaki-maki oleh tim non-EuroLeague setelah berbicara seperti itu sungguh menggelikan."

Tanggapan bintang Monaco tersebut mencerminkan kekesalannya terhadap pernyataan Toscano-Anderson dan anggapan tidak hormatnya terhadap liga-liga Eropa.

Pendatang baru Olympiacos Evan Fournier, di sisi lain, membela pidato Toscano-Anderson, dengan menyatakan bahwa itu adalah upaya motivasi dan bukan penghinaan terhadap bola basket Eropa.

"Mungkin saya melewatkan sesuatu, tetapi apakah saya satu-satunya yang tidak melihat ada yang salah di sini? Pria itu sedang dihajar habis-habisan dan berusaha memotivasi timnya," cuit Fournier.

Akan tetapi, James tetap tidak yakin, dan menambahkan, "Jika hanya itu, maka dia tidak mengatakan sesuatu yang salah, tetapi dia juga mengatakan sesuatu sebelum pertandingan yang membuatnya tampak seperti dia meremehkan bola basket liga Eropa, jadi sekarang ini menjadi masalah."

Sementara, Juan Toscano-Anderson mengklarifikasi pernyataannya dengan menunjukkan rasa hormatnya terhadap pemain EuroLeague dan pemain luar negeri lainnya.

Toscano-Anderson telah menghabiskan lima musim di NBA, bermain untuk Golden State Warriors, Los Angeles Lakers, Utah Jazz, dan Sacramento Kings. (*)

Foto: USA Today

Komentar