Christian Koloko kembali ke NBA setelah masalah kesehatan, dan menandatangani kontrak dua arah (two-way contract) dengan Los Angeles Lakers. Koloko sebelumnya mengalami masalah pembekuan darah serius, yang menghentikan kariernya pada awal 2024. 

Lakers mencari pemain besar yang bersedia diikat dengan kontrak yang murah. Selain karena kebutuhan, Lakers juga ingin menyiapkan pemain pengganti menyusul operasi lutut yang dilakukan Christian Wood.

Menurut Shams Charania dari The Athletic, Koloko telah menyetujui kesepakatan dengan Lakers. Namun, sebelum ia resmi dapat bermain di lapangan, Koloko harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Pusat Kebugaran NBA. Karena menderita masalah pembekuan darah. 

Pada musim debutnya tahun 2022-2023, Koloko mencetak rata-rata 3,1 poin dan 2,8 rebound per pertandingan untuk Toronto Raptors. Koloko menunjukkan potensi bertahan yang luar biasa. Sebagai pemain tengah dengan tinggi menjulang, ia memblok rata-rata satu tembakan dalam 13,8 menit per pertandingan. Namun Raptors melepas pemain tersebut pada Januari 2024 karena masalah medis dan ketidakpastian karier basketnya di masa depan.

Sementara itu, Christian Wood dan Jaxson Hayes tetap berada di Lakers. Tetapi keduanya tidak memiliki ukuran tubuh yang cukup untuk bersaing dengan beberapa pemain center yang lebih besar. Lebih buruk lagi, Christian Wood baru-baru ini menjalani operasi lutut dan akan absen di awal musim.

Hal itu hanya meningkatkan kebutuhan Lakers untuk mendatangkan center lain, dan tampaknya mereka akhirnya memiliki Christian Koloko. Menurut Dan Woike dari LA Times, Koloko menandatangani kontrak dua arah sehingga Lakers harus melepaskan salah satu dari Colin Castleton, Blake Hinson atau Armel Traore. (*)

Foto: John E. Sokolowski-USA TODAY Sports

Komentar