Kabar duka datang dari keluarga besar Golden State Warriors. Michell Wiggins, ayah dari Andrew Wiggins dikabarkan meninggal dunia pada usia 64 tahun. Penyebab kematian tidak diungkapkan ke publik. Mitchell Wiggins menghabiskan enam musim di NBA dan bermain untuk Chicago Bulls, Houston Rockets, dan Philadelphia 76ers. Tahun terakhirnya terjadi di Philadelphia pada musim 1991-1992.

"Hari ini kami berduka atas meninggalnya mantan pemain bertahan Houston Rockets, Mitchell Wiggins," tulis Houston Rockets dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (13/9) waktu Amerika Serikat. "Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga dan teman-temannya."

Wiggins awalnya dipilih oleh Indiana Pacers dengan pilihan putaran pertama dalam draft NBA 1983 sebelum menghabiskan musim pertamanya di Chicago. Ia mencetak rata-rata 10,0 poin, 3,2 rebound, dan 1,6 asis dalam 389 pertandingan yang dimainkan sepanjang kariernya. 

Ia diskors bersama mantan rekan setimnya di Rockets, Lewis Lloyd, setelah gagal dalam tes narkoba, dan absen selama dua musim dari tahun 1987 hingga 1989. Setelah Wiggins kembali ke asosiasi, ia menyumbangkan AS$10 kepada Salvation Army untuk setiap poin yang dicetak. Pada musim kembalinya, ia berhasil mencetak rata-rata poin tertinggi dalam kariernya, 15,5 poin per pertandingan.

Wiggins juga memenangkan medali perak untuk tim nasional putra Amerika Serikat di FIBA World Championship ​​1982 (sekarang FIBA Basketball World Cup). Ia berkompetisi di liga profesional di Yunani dan Prancis setelah berkarier di NBA.

Meninggalnya Mitchell Wiggins menjadi jawaban atas misteri yang terjadi dalam keluarga Wiggins dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Maret 2024, Andrew Wiggins cuti dari Warriors dengan alasan pribadi dan masalah keluarga. Tidak hanya di NBA, bahkan ini juga terjadi di IBL. Nick Wiggins, kakak Andrew, juga tidak bisa menyelesaikan musim kompetisi 2024 bersama Pacific Caesar Surabaya karena alasan pribadi. 

Sementara itu, sebagai kepala pelatih Steve Kerr menunjukkan rasa iba dan kesabaran sembari menghormati privasi Wiggins.

"Ini masalah pribadi yang sedang ia hadapi," kata pelatih Steve Kerr. "Kami berharap ia kembali, tetapi itu akan tetap menjadi masalah pribadi."

Andrew Wiggins absen lama untuk Warriors selama dua musim terakhir karena alasan pribadi, hanya tampil dalam 37 pertandingan selama musim 2022-2023. Shams Charania dari The Athletic kemudian melaporkan bahwa pemain All-Star itu meninggalkan tim untuk menghabiskan waktu bersama ayahnya, yang sedang menghadapi kondisi medis serius.

Warriors memberi Wiggins izin penuh atas ketidakhadirannya untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. (*)

Foto: David Richard - USA TODAY Sports

Komentar