AJ Griffin, pemain pilihan ke-16 secara keseluruhan dalam NBA Draft 2022 oleh Atlanta Hawks, sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan dunia basket, menurut Shams Charania dari The Athletic. Keputusan ini cukup mengejutkan, mengingat usianya baru 21 tahun, dan belum bermain penuh untuk Houston Rockets, yang menjadi tim keduanya. 

AJ Griffin adalah putra mantan kepala pelatih Milwaukee Bucks Adrian Griffin. Dia merupakan prospek sekolah menengah yang menonjol. Dia menduduki peringkat No. 12 di kelasnya menurut 247Sports. Griffin, yang merupakan rekrutan bintang lima setelah lulus SMA dan pemain berperingkat teratas di negara bagian New York, adalah McDonald's All-American. 

Ia bermain basket perguruan tinggi untuk Duke Blue Devils dan dinobatkan sebagai ACC All-Freshman pada tahun 2022. Ia mencetak rata-rata 10,4 poin per pertandingan saat Duke melaju ke Final Four sebelum kalah dari North Carolina. 

Meski Griffin adalah pemain yang konsisten di musim rookie-nya tahun 2022-2023, dengan rata-rata 8,9 poin dan 2,1 rebound per gim, waktu bermainnya berkurang drastis di tahun kedua. Bermain hanya 8,6 menit di lapangan, rata-rata Griffin menyusut menjadi hanya 2,4 poin per gim. 

Griffin diperdagangkan ke Houston Rockets pada offseason ini dalam kesepakatan yang mengirim pemain pilihan ke-43 secara keseluruhan Nikola Durisic ke Hawks. Menurut Charania, Griffin dan Rockets sedang mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mengakhiri kontrak, dan pensiun dari NBA.

Tidak jelas berapa lama Griffin berencana untuk menjauh dari olahraga ini. Tidak banyak preseden di NBA bagi pemain muda yang mengambil cuti panjang yang tidak terkait dengan cedera dan akhirnya kembali ke karier yang produktif, tetapi hingga saat ini, belum ada laporan mengenai apakah pihak-pihak yang terlibat memperlakukan ini sebagai cuti sementara atau pensiun permanen. Untuk saat ini, setidaknya, tampaknya Griffin akan meninggalkan olahraga ini untuk waktu yang lama. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar