Dikutip dari laporan Sole Retriver, sepatu keempat Trae Young dengan adidas yang akan diluncurkan tahun ini dan menjadi sepatu terakhir dalam lini tersebut. Tidak ada rincian atau alasan detail di balik keputusan merek tersebut, untuk tidak memperpanjang lini sepatu bintang utama Atlanta Hawks tersebut. 

Young pertama kali menandatangani kontrak dengan adidas pada tahun 2018, dan sejak itu, ia telah memiliki tiga model sepatu khas dengan nama adidas Trae Young. Rencananya Trae Young 4 akan memulai debutnya pada bulan September 2024, tetapi hingga sekarang belum ada tanda-tanda peluncuran dari adidas. Sampai akhirnya muncul berita dari Sole Retriever bahwa Trae Young 4 yang akan datang akan menjadi sepatu kets khasnya yang terakhir.

Tidak ada kabar pasti tentang alasan adidas mengambil langkah ini. Tetapi ada asumsi bahwa hal itu terjadi karena lini sepatu Trae Young tersebut tidak sepopuler yang diharapkan. Sepatu khas Young yang pertama, Trae Young 1, dirilis pada tahun 2021 dan terbukti sukses, tetapi dua sepatu berikutnya, yang dirilis pada tahun 2022 dan 2023, dinilai tidak laku.

Sebenarnya, kesepakatan sepatu Trae Young direstrukturisasi pada tahun 2020 ketika ia menandatangani perpanjangan "multi-tahun" . Setelah meluncurkan model pertamanya, Trae Young 1, pada musim gugur 2021, Trae telah meluncurkan iterasi baru setiap tahun. Trae Young 2 memulai debutnya pada tahun 2022 dan meluncurkan Trae Young 3 September lalu.

Sementara itu, dari laporan Sports Illustrated, "Three Stripes" bisa saja mengikuti jejak yang sama seperti yang diambil Jordan Brand dengan Russell Westbrook. Jordan Brand tidak lagi melanjutkan sepatu khas Westbrook, namun dia memakai sepatu model baru bernama "One Take 5".

Adapun Trae Young 4, spesifikasi teknis yang tepat belum terungkap, tetapi kami melihat bahasa desain yang mirip dengan Trae Young 3. Basis rajutan menyatu dengan bagian neoprena untuk membuat bagian atas dua bagian yang terbelah dengan penguatan TPU yang ditemukan di sepanjang jari kaki. Logo Trae terdapat di bagian atas lidah neoprena, sementara logo adidas juga terdapat bagian tengah kaki lateral. 

Di bagian atas atau di bagian tumit dilengkapi dengan penahan tumit karet atau TPU yang memanjang dari midsole, memperkuat sepatu kets. Bagian lain dari unit sol memanjang melintasi bagian atas dan dilengkapi dengan potongan melingkar di sekitar bahan yang terinspirasi topografi yang ditampilkan pada unit sol Trae Young 3.  Trae Young 4 akan dilepas dengan harga ecerannya sebesar AS$130.

Sementara itu, Young akan memiliki banyak peminat jika ia benar-benar menjadi pemain "free agent". Meskipun pemain berusia 25 tahun itu tidak lagi populer seperti beberapa tahun lalu, ia hanya mencetak rata-rata 25,7 poin, 2,8 rebound, 10,8 asis, 1,3 steal, dan 0,2 blok per pertandingan pada musim 2023-2024. Ia tetap menjadi pemain besar dan memiliki daya tarik di NBA. (*)

Foto: The Bussiness Journal

Komentar