Meskipun pemecatan Phil Handy diumumkan beberapa bulan lalu, namun asisten pelatih yang juara NBA tiga kali itu baru mengunggah pesan perpisahan untuk penggemar Los Angeles Lakers pekan ini. Handy menjadi sosok yang populer di kalangan pemain, lebih-lebih para penggemar Lakers. Tampaknya Handy juga sangat berat meninggalkan Los Angeles setelah lima tahun.

Musim NBA 2023-2024 tidak berakhir manis bagi Lakers. Oleh karenanya, manajemen memutuskan untuk mengubah keadaan dengan memecat kepala pelatih Darvin Ham setelah dua tahun. Selain pelatih Ham, jajaran direksi Lakers juga merombak staf pelatih untuk memulai dari awal, termasuk Phil Handy. Asisten pelatih yang sukses menjadi juara NBA bersama Cleveland Cavaliers, Toronto Raptors dan Lakers. 

Handy mampu bertahan di staf kepelatihan Lakers setelah tim berpisah dengan Frank Vogel pada tahun 2022. Tetapi pria berusia 53 tahun itu tidak dapat melakukan hal yang sama kali ini, dengan JJ Redick menjadi penerus Ham.

Meskipun sangat populer di kalangan pemain Lakers dan penggemar, Handy tidak diminta kembali tahun ini. Redick dan jajaran direksi Lakers memilih untuk mendatangkan wajah-wajah baru. Nate McMillan dan Scott Brooks menjadi nama-nama paling terkenal yang ditambahkan ke staf kepelatihan Lakers.

Mungkin rasanya sangat berat berpisah dengan Lakers. Karenanya, Handy baru mengunggah pesan perpisahan di pertangahan bulan September. Handy menggunakan akun Instagram miliknya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar Lakers.

Pada tahun 2011, Handy memulai kiprahnya di liga bersama Lakers sebagai pelatih pengembangan, bekerja sama dan menciptakan hubungan baik dengan mendiang Kobe Bryant.

Dengan status Handy sebagai "free-agent", akan menarik untuk melihat ke mana perjalanannya selanjutnya akan membawanya di NBA. Tampaknya ia tidak memiliki rencana langsung untuk mengambil pekerjaan kepelatihan lain di liga, tetapi hal itu dapat berubah dengan cepat jika ia mendapat panggilan dari tim yang sedang membuka lowongan dalam beberapa minggu mendatang. 

Untuk sementara, Phil Handy ada di Indonesia. Handy membuka klinik kepelatihan (coaching clinic) di Jakarta. Kegiatan itu dibuka untuk pemain muda dan pelatih pada 25-29 September 2024. (*)

Baca juga: Phil Handy ke Indonesia, Buka Klinik Pelatihan untuk Pemain Muda dan Pelatih

Foto: Silver Screen and Roll

Komentar