Rumah lelang Sotheby mengumumkan bahwa sebuah jersei Los Angeles Lakers terjual seharga AS$38.400 pada hari Kamis (13/9) waktu Amerika Serikat. Ternyata itu jersei pertama Bronny James, yang dikenakan pada laga debutnya di NBA Summer League Las Vegas, 12 Juli 2024. 

Beberapa jersei yang dianggap sebagai memorabilia NBA memang terjual dengan harga fantastis di rumah lelang. Diantaranya memang pernah dipakai pemain-pemain hebat di NBA. Tapi bagaimana dengan Bronny? pemuda yang baru dipilih dari Draft NBA 2024, dana hanya punya satu hal yang dibanggakan, yaitu putra LeBron James. 

Jersei Bronny yang terjual di lelang dengan harga fantastis dipakai dalam pertandingan melawan Houston Rockets. Kala itu Lakers kalah 80-99, dan Bronny James mencatatkan 8 poin dengan akurasi tembakan 3 dari 14 percobaan. 

Anehnya, permintaan memorabilia dari mantan pemain USC tersebut telah mulai meningkat. Sebuah kartu basket yang menampilkan Bronny James terjual dengan harga tertinggi di antara pemain lainnya, yaitu AS$9.150 di Goldin Auctions pada bulan Juni 2024. Kemudian sebuah kartu tanda tangan 1-dari-1 yang menampilkan tanda tangan LeBron dan Bronny terjual seharga AS$114.000 pada bulan Maret 2024. Sehingga ada prediksi kalau jersei pertama Bronny dalam debutnya di NBA akan punya harga yang fantastis juga di pasar memorabilia. 

Namun penjualan jersei Bronny, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan permintaan akan jersei pertama Victor Wembanyama, setelah ia dipilih oleh Spurs sebagai pilihan nomor 1 pada draft 2023. Karena jersei debut Summer League Wembanyama terjual seharga AS$62.000. Sementara jersei yang dikenakan saat debut musim regulernya di NBA memecahkan rekor dengan harga AS$762.000. (*)

Foto: USA Today

Komentar