Saat New York Knicks bersiap untuk musim NBA 2024-2025, beredar spekulasi seputar potensi pertukaran pemain yang dapat membuat Julius Randle pindah. Berkembangnya daftar pemain Knicks, dengan datangnya Mikal Bridges, menjadirkan Randle mungkin tidak lagi dibutuhkan dalam sistem permainan milik kepala pelatih Tom Thibodeau. Akhirnya, beberapa prediksi skenario yang bisa memindahkan Randle dari New York beredar di media.

Musim 2024-2025 sangat penting bagi masa depan Randle bersama Knicks. Ia memiliki opsi pemain senilai AS$30,9 juta untuk musim 2025-2026, yang mungkin ia tolak untuk mencoba peruntungan di bursa pemain free-agent. Dengan Randle yang memenuhi syarat perpanjangan sejak 3 Agustus, Knicks menghadapi keputusan penting, yaitu mengamankannya dengan kontrak jangka panjang, atau justru merelakan kepergian Randle setelah musim 2024-2025 berakhir. 

Salah satu yang punya prediksi tentang masa depan Randle adalah Zach Lowe dari ESPN. Kesepakatan yang diusulkan Lowe akan mengirim Randle ke Chicago Bulls, dengan imbalan dua kali All-Star, Nikola Vucevic. 

Sekilas pertukaran pemain ini dapat menguntungkan kedua tim. Vucevic, pencetak 17 poin per pertandingan sepanjang kariernya, dikenal sebagai pemain dengan kemampuan melakukan tembakan jarak jauh. Kehadirannya bisa menambah dimensi baru pada serangan Knicks. Namun, kemampuan bertahannya dipertanyakan. Sementara persentase tembakannya turun dari 52 persen menjadi 48,4 persen di musim 2023-2024. 

Skema lain yang dibuat oleh Lowe adalah dengan melibatkan Portland Trail Blazers. Knicks bisa mengirim Randle ke Portland, dengan imbalan tiga pemain yaitu Robert Williams, Matisse Thybulle, Kris Murray

Perdagangan ini akan menjawab keinginan manajemen Knicks untuk mendapatkan pemain yang lebih banyak. Williams dan Thybulle dikenal dengan kemampuan bertahan mereka, dan Murray menunjukkan perkembangan luar biasa di musim pertamanya. Namun, Lowe masih ragu apakah Trail Blazers mau menerima kesepakatan tersebut. Mengingat bila kesepakatan ini terjadi, Trail Blazers hanya mendapatkan Julius Randle saja. 

Berbeda dengan Lowe, Bobby Marks dari ESPN memberikan pandangan yang berbeda. Randle dapat menyetujui kesepakatannya saat ini, kemudian melakukan negosiasi perpanjangan kontrak. Harapannya, Randle bisa mendapatkan penawaran terbaik dari Knicks. Namun dengan satu syarat, yaitu jika Randle masih ingin bertahan di New York. 

Saat Knicks bersiap menghadapi musim baru, masa depan Julius Randle tetap menjadi alur cerita utama. Jika tim memulai musim dengan baik, maka peran Randle dan potensi perpanjangan kontraknya bisa lebih jelas. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka Randle bisa jadi pemain pertama yang hengkang dari Knicks musim depan. (*)

Foto: Brad Penner - USA TODAY Sports

Komentar