Patung Dwyane Wade sudah jadi. Kepastian tersebut didapat setelah Miami Heat mengumumkan akan meresmikan patung Wade pada bulan Oktober 2024. Dirancang oleh Omri Amrany dan Oscar Leon dari Timeless Creations, patung tersebut akan diposisikan di puncak tangga di depan arena. 

Daftar patung yang menghormati pemain NBA legendaris makin bertambah. Setelah mengungkapkan pada bulan Januari bahwa patung Dwyane Wade akan dibuat, Miami Heat mengumumkan bahwa patung tersebut akan diresmikan pada tanggal 27 Oktober di depan Kaseya Center.

Baca juga: Miami Heat Siapkan Patung Dwyane Wade

Omri Amrany dan Oscar Leon dari Fine Art Studio Rotblatt Amrany ditugaskan untuk membuat patung Wade. Karya Amrany yang menampilkan bintang-bintang NBA yang sudah pensiun termasuk "Michael Jordan Spirit" yang ikonik di Chicago, serta patung Shaquille O'Neal, Dirk Nowitzki, dan Kareem Abdul-Jabbar di antara banyak lainnya.

"Ketika kami memensiunkan nomornya pada Februari 2020, saya katakan Dwyane adalah wajah dari tim ini  selamanya dan saya bersungguh-sungguh," kata Presiden Heat Pat Riley. "Warisan Dwyane sangat besar, tidak hanya untuk Miami Heat tetapi juga untuk Miami-Wade County. Saya tidak dapat memikirkan cara yang lebih baik untuk menghormatinya selain dengan mengenang warisan itu."

Upacara pembukaan, yang gratis dan terbuka untuk umum, akan menampilkan pertunjukan langsung dari artis hip-hop Rick Ross dan Nino Breeze. Namun, tiket untuk acara utama jumlahnya terbatas, dan penggemar diharuskan mendaftar di situs web Heat untuk mendapatkan pemberitahuan penjualan.

Keesokan harinya, saat pertandingan kandang melawan Detroit Pistons, Wade akan kembali diberi penghormatan khusus di babak pertama. Malam pertandingan bertema Wade akan menampilkan penghormatan dalam bentuk video yang merayakan karier legendaris Wade, termasuk tiga gelar juara NBA dan sejumlah penghargaan individu. 

Wade direkrut oleh Heat pada tahun 2003 dan terpilih dalam tim All-Rookie. Ia 13 kali masuk All-Star dan memimpin Heat meraih gelar NBA pertama mereka pada tahun 2006, serta menjadi MVP Final. Setelah bekerja sama dengan LeBron James dan Chris Bosh pada tahun 2010, ia membantu memimpin Heat meraih gelar juara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013. 

Dalam 15 musim bersama Heat, Wade rata-rata mencetak 22,7 poin, 5,6 assist, dan 4,7 rebound, termasuk memenangkan gelar pencetak skor NBA tahun 2009. Wade dinobatkan sebagai anggota tim peringatan ulang tahun NBA ke-75 dan dilantik ke dalam Naismith Hall of Fame pada tahun 2023. (*)

Foto: The Independent

Komentar