Phil Handy akan membuka klinik basket (basketball clinic) di Jakarta. Pelatih yang pernah menjadi asisten di Los Angeles Lakers itu berada di Indonesia pada 25-28 September 2024. Untuk mengikuti sesi latihan itu, peserta perlu merogoh kocek mulai dari Rp2,5 juta.

Ada dua kategori dalam klinik kepelatihan Handy. Pertama untuk para pelatih. Acara tersebut pada 25 September 2024 di GBK Arena, Jakarta. Untuk biaya pendaftarannya adalah Rp 2,5 juta per sesi.

Kemudian kategori pemain muda dengan usia 14-18 tahun. Acara untuk pemain muda pada 26-27 September 2024 di lokasi yang sama. Nantinya ada empat sesi pelatihan dengan Handy. Masing-masing per sesi dengan harga Rp 3,5 juta. Pemain boleh mendaftar lebih dari satu sesi.

Baca juga: Phil Handy ke Indonesia, Buka Klinik Pelatihan untuk Pemain Muda dan Pelatih

Setelah acara klinik kepelatihan selesai, Handy akan melanjutkan ke acara lain. Pada 28 September 2024 Handy hadir dalam meet and greet serta talkshow di OCBC Space BSD, Tangerang.

Christopher Tanuwidjaja, selaku pihak yang memiliki kedekatan dengan Handy, menuturkan klinik kepelatihan ini ada batas peserta. Untuk pemain, setiap sesi maksimal 35 peserta. Sedangkan untuk pelatih adalah 50 peserta.

Pria yang akrab disapa Itop itu menjelaskan harga tersebut tergolong murah. Sebab, biaya latihan dengan Handy sendiri tergolong mahal. Untuk harga di Amerika Serikat saja, Handy mematok AS$900 per sesi atau senilai Rp13 juta.

Awalnya PP Perbasi akan memasang tarif Rp5 juta per sesi. Tetapi Almarhum Danny Kosasih, Ketua Umum PP Perbasi, berpikir bahwa harga itu masih mahal di Indonesia.

“Saat berdiskusi di rumah sakit, Susuk (sapaan Danny) bilang bagaimana kalau harganya dikurangi. Kalau nombok nggak apa-apa yang penting, jangan sampai ilmu ini tidak bisa dinikmati,” jelas Itop dalam jumpa pers pada Rabu, 11 September 2024 di Media Center Kemenpora, Jakarta itu.

Perbasi akhirnya bekerja sama dengan OCBC. Akhirnya biaya pendaftaran peserta bisa turun di angka-angka tersebut di atas. Pendaftaran dibuka mulai hari ini.

Ini bukan pertama kalinya Handy ke Indonesia. Ia pernah membantu persiapan timnas putri dalam menghadapi Asian Games 2022. Ini menjadi pertama kalinya Handy membuka klinik kepelatihan untuk umum di Indonesia. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar