Tahukah Anda, bahwa legenda San Antonio Spurs David Robinson adalah seorang Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Dalam rangka mengenang tragedi 9/11, Robinson bercerita tentang bagaimana pendidikan militernya sangat bermanfaat untuk membangkitkan mentalnya setelah serangan teroris tersebut. Terutama untuk membuatnya tetap fokus dalam menjalani hari-harinya sebagai atlet profesional kala itu.

Robinson adalah pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA tahun 1987. Namun dia baru tampil di liga setelah tahun 1989. Karena sebelum masuk NBA, dia bermain basket di Akademi Angkatan Laut AS, kemudian memenuhi kewajiban tugas aktifnya selama dua tahun di Angkatan Laut. 

Pada tahun 2001, ketika seluruh negara terguncang oleh serangan teror 9/11, pelatihan Robinson-lah yang memberinya perspektif baru tentang tragedi tersebut. Sebuah peristiwa yang mengguncang seluruh dunia.

Baru-baru ini, Laksamana tersebut duduk bersama Brian Martin dari NBA.com untuk wawancara eksklusif mengenai tragedi 9/11. Martin penasaran untuk mengetahui apakah pelatihan militer Robinson berperan dalam perspektifnya sebagai atlet profesional. Robinson mengingat saat tragedi itu terjadi dan bagaimana ia berada di NBA saat itu. 

"Saya ingat saat itu saya sedang bermain, dan saya memikirkan semua orang yang pernah bertugas bersama saya, semua orang yang saya tahu akan berada dalam bahaya. Situasi perang apa pun adalah hal yang mengerikan untuk dibayangkan, dan melihatnya menjadi kenyataan hampir tidak nyata bagi saya," ujarnya.

Rekaman kecelakaan, akibatnya, dan semua kekacauan yang terjadi setelahnya disiarkan di saluran berita 24/7. Rekaman baru dari berbagai sudut, berbagai tingkat ketinggian, dan membuat kengerian itu semakin nyata bagi para penonton. Jumlah kekacauan itu cukup untuk membuat orang biasa trauma pada hari-hari biasa. Namun .

"Saat Anda di militer, Anda berlatih untuk ini; inilah yang terus-menerus Anda persiapkan, meskipun ini adalah hari yang tidak ingin Anda lihat. Jadi, ini mengingatkan saya pada semua hari pelatihan itu," ungkap Robinson. 

Liga pada saat itu bekerja sama erat dengan keluarga yang memiliki kerabat yang mengabdi kepada negara. Robinson juga menyebutkan bagaimana organisasi Spurs, bersama dengan banyak organisasi lainnya, bekerja sama dengan kelompok dan lembaga lokal yang menangani masalah dan tujuan tersebut. Akan tetapi, meski ia memiliki latar belakang dan pelatihan angkatan laut, kengerian 11/9 akhirnya berdampak buruk pada Sang Laksamana juga.

David Robinson adalah seorang mantan pemain basket profesional Amerika yang bermain untuk San Antonio Spurs di NBA dari tahun 1989 hingga 2003. Dia juga menjadi salah satu pemilik minoritas saham Spurs. Robinson adalah 10 kali NBA All-Star, MVP NBA 1995, juara NBA dua kali (1999 dan 2003), dua kali pemenang Medali Emas Olimpiade (1992, 1996), dua kali Naismith Memorial Basketball Hall of Fame inductee (2009 untuk karier individunya, 2010 sebagai anggota tim basket Olimpiade putra Amerika Serikat 1992 ), dan dua kali US Olympic Hall of Fame inductee (2008 individu, 2009 sebagai anggota tim Olimpiade 1992). 

Robinson dihormati sebagai salah satu pemain sepanjang masa liga dengan terpilih ke dalam Tim Ulang Tahun NBA ke-50 (1996) dan Ulang Tahun ke-75 (2021). Ia dianggap sebagai salah satu center terhebat dalam sejarah basket perguruan tinggi dan NBA. (*)

Foto: CBS Austin

Komentar