Phil Handy kembali menyambangi Indonesia. Kali ini mantan asisten pelatih Los Angeles Lakers itu membuka klinik kepelatihan (coaching clinic) di Jakarta. Kegiatan itu dibuka untuk pemain muda dan pelatih pada 25-29 September 2024.

Christopher Tanuwidjaja, selaku penghubung antara Handy dan Perbasi, mengungkapkan awal mulanya ide ini tercetus saat ia dan almarhum Danny Kosasih berada di Jepang. Mereka mendapat tawaran dari Handy.

“Tiba-tiba Phil kontak saya memberitahu ada waktu lagi ke Indonesia. Dia tanya ada program apa nggak di Indonesia. Kemudian Danny Kosasih mencoba tanya mau nggak melatih anak-anak,” kata Itop dalam jumpa pers di Media Center Kemenpora, Jakarta pada Rabu (11/9) itu.

Phil menyetujuinya. Tapi memberi syarat agar peserta nanti merupakan anak-anak yang telah memiliki setidaknya dasar bola basket.

Handy akan memberi kepelatihan bagi pelatih pada 25 September 2024. Setelah itu jadwal untuk anak usia 14-18 tahun pada 26-27 September 2024. Acaranya diadakan di GBK Arena, Jakarta.

Setelah itu Handy akan datang dalam acara meet and gree juga talkshow di OCBC Space BSD Tangerang. Acara tersebut dijadwalkan pada 28 September 2024 dan sebagai penutup rangkaian acara Handy di Jakarta.

Handy merupakan salah satu nama yang disegani. Ia ikut andil mengantar Cleveland Cavaliers, Toronto Raptors, dan Los Angeles Lakers juara NBA. Handy pernah menangani mendiang Kobe Bryant, LeBron James, Anthony Davis, hingga Kyrie Irving.

Melalui kerja sama dengan Bank OCBC, PP Perbasi mendatangkan Handy untuk mengadakan klinik kepelatihan. Agenda tersebut akan dibagi dalam tiga acara. Pertama klinik kepelatihan dengan pelatih, kemudian dengan pemain muda, dan meet and greet.

“Kami memilih Phil Handy karena reputasinya sudah terbukti. Banyak pemain hebat pernah dilatihnya,” imbuh Itop.

Sebelumnya Handy pernah ke Indonesia. Tapi bukan untuk acara umum. Ia membantu melatih timnas putri Indonesia dalam persiapan ke Asian Games 2022. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar