Boston Celtics menatap NBA 2024-2025 dengan status juara bertahan. Tetapi Pelatih Celtics Joe Mazzulla mengoreksi frasa tersebut. Ia tidak setuju dengan sebutan juara bertahan. Mazzulla tidak menanamkan pola pikir mempertahankan gelar kepada anak asuhnya.

“Frasa ‘mempertahankan gelar’ adalah istilah yang sangat pasif-agresif,” kata Mazzulla dalam siniar Locked on Celtics itu. “Jika Anda melihat dunia binatang, beberapa hewan terkuat tidak bertahan. Mereka yang paling agresif dan paling banyak menyerang.”

“Anda harus memahami apa yang terjadi saat menang dan kalah, berkomitmen mendetail setiap hari dan tetap agresif. Anda tidak mempertahankan sesuatu. Anda mengincar tujuan baru,” tegas Mazzulla.

Celtics menjadi juara lagi setelah 16 tahun. Mereka juga resmi menjadi tim dengan gelar NBA terbanyak dengan koleksi 18 cincin. Satu gelar lebih banyak daripada Los Angeles Lakers (dan Minnesota Lakers).

Celtics memenangkan NBA setelah mencapai final kedua dalam tiga musim terakhir. Dalam Final NBA 2024, Celtics menekuk Dallas Mavericks 4-1. Rekor mereka dalam babak playoff menjadi 16-3.

Dominasi Celtics tak terbantahkan selama musim 2023-2024. Mereka menguasai Wilayah Timur dengan 64-18. Satu-satunya tim yang mencapai 60 kemenangan dalam musim tersebut.

Celtics diperkirakan akan tetap mendominasi pada musim mendatang. Mereka mempertahankan pemain intinya. Namun, Mazzulla ingin timnya tetap menjaga pola pikir untuk terus menyerang.

Mazzulla mempertimbangkan bahwa tidak ada tim yang bisa meraih gelar beruntun dalam enam musim terakhir. Sebelumnya pernah dilakukan Golden State Warriors yang juara pada 2017 dan 2018.

“Orang-orang akan mengatakan beban ada di pihak kami. Tetapi saya harap target itu bisa tetap berada di depan mata kami,” kata pelatih berusia 36 tahun itu.

Meraih gelar beruntun memang sulit. Celtics tahu bahwa semua tim akan berusaha mengalahkan mereka. Celtics akan menghadapi ujian pertamanya pada 22 Oktober mendatang menjamu New York Knicks di TD Garden, Boston. Pada momen itu, Celtics akan mengibarkan spanduk juara ke-18 dan menerima cincin juara. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar