Setelah rapat Dewan Gubernur NBA pada hari Selasa (10/9) waktu setempat, di New York, Komisaris NBA Adam Silver mengatakan bahwa tidak banyak diskusi dengan dewan gubernur mengenai ekspansi liga. Bukan karena tidak ada keinginan liga akan bergerak ke arah penambahan satu atau dua tim lagi, namun karena pemilik klub belum siap berkomitmen terhadap ekspansi.

Menurut The Athletic, NBA belum siap memutuskan apakah akan melakukan ekspansi, apalagi menentukan kota yang akan dijadikan rumah bagi klub baru. Namun, Silver mengatakan prosesnya akan dibahas akhir musim ini.

"Itu adalah sesuatu yang kami sampaikan kepada dewan direksi kami yang akan kami bahas musim ini," kata Silver. "Kami belum siap, tetapi saya rasa pasti ada yang berminat dalam proses ini."

Komentar Silver mengecewakan bagi penggemar olahraga Seattle, karena banyak yang telah menunggu kembalinya Sonics selama 16 tahun. Seattle Supersonics, tim yang diperkirakan banyak orang akan kembali ke NBA cepat atau lambat. Tapi dengan kabar terbaru dari Dewan Gubernur NBA ini, kembalinya Sonics, mungkin masih jauh dari kenyataan. 

Seattle, yang kehilangan SuperSonics ke Oklahoma City pada tahun 2008, adalah salah satu kota kandidat utama untuk perluasan. Seattle akan menjadi tuan rumah pertandingan pramusim Clippers-Blazers pada tanggal 11 Oktober, dan semua orang akan menyaksikannya. 

"Kami selalu memperhatikan apa yang sedang terjadi. Di arena lain di seluruh Amerika Serikat, saat kami bermain di sana, kami mencermati dengan saksama dukungan yang kami dapatkan di pasar tersebut," kata Silver. "Saya tahu kami akan mendapatkan dukungan luar biasa dalam pertandingan pramusim (di Seattle) lagi."

Namun, masih ada optimisme di Seattle untuk kembalinya Sonics. Wali Kota Seattle Bruce Harrell mengatakan kepada wartawan bulan lalu saat peresmian Sue Bird Court bahwa "kita semakin dekat dari sebelumnya" dengan kembalinya Sonics, dan telah mencatat pertemuan Dewan Gubernur liga pada bulan September sebagai tanggal potensial yang perlu diperhatikan. Sekarang pernyataan Harrell seolah-olah terbantahkan oleh Adam Silver. 

Selain Seattle, Las Vegas juga dianggap sebagai kandidat utama untuk perluasan. Silver juga menyebutkan Mexico City sebagai kemungkinan, tetapi itu mungkin masih jauh di masa mendatang. Dua waralaba lagi akan membuat NBA menjadi 32 tim, sama dengan NFL dan NHL. Silver sebelumnya mengatakan perluasan akan ditangani setelah NBA menyelesaikan kesepakatan media barunya, tetapi hal itu sekarang telah dilakukan dengan liga yang diharapkan menghasilkan lebih dari AS$74 miliar dalam 11 tahun ke depan. 

Ketua Toronto Raptors Larry Tanenbaum berbicara sebentar kepada KOMO News sebelum rapat dewan direksi hari Selasa dan mengatakan bahwa ia optimis dengan Seattle dan menyukai apa yang telah dilakukan Kraken di gedung tersebut. Tanenbaum mengelola Maple Leaf Sports and Entertainment, yang juga mengendalikan Toronto Maple Leafs di NHL. Pemilik LA Clippers Steve Ballmer dan mantan Pemilik Sonics Clay Bennett juga terlihat memasuki rapat Dewan Gubernur. (*)

Foto: Front Office Sports

Komentar