Kabar duka menyelimuti waralaba Houston Rockets dan komunitas NBA. Mantan asisten pelatih dan Manajer Umum Houston Rockets Carroll Dawson meninggal dunia. Dawson wafat pada usia 86 tahun.

Rockets mengumumkan kabar duka itu pada Senin (9/9) waktu setempat. Tidak ada rincian penyebab kematiannya. “Keluarga Rockets berduka atas meninggalnya mantan pelatih dan manajer umum tercinta, Carroll Dawson, yang dikenal dengan sebutan CD,” tulis Rockets.

Dawson menjadi bagian dari Rockets selama 27 tahun. Dimulai pada 1980 saat menjadi asisten pelatih dari Del Harris. Dawson tetap berada di waralaba tersebut kendati mereka berganti pelatih mulai dari Bill Fitch, Don Chaney, dan Rudy Tomjanovich. Dawson ikut merasakan pesta perayaan juara NBA beruntun tahun 1994 dan 1995.

“Selama hampir tiga dekade, CD merupakan landasan organisasi kami, berperan penting dalam membentuk karier bintang-bintang seperti Hakeem Olajuwon dan Ralph Sampson. Sebagai penduduk asli Texas yang bangga, CD merupakan satu-satunya pelatih yang hadir dalam empat penampilan Houston di Final NBA,” lanjut Rockets.

Ada insiden yang membuat Dawson tidak lagi masuk di jajaran kepelatihan Rockets. Dawson disambar petir saat bermain golf pada tahun 1989. Sejak saat itu penglihatannya memburuk. Ia tidak lagi mampu memenuhi tugas kepelatihan.

Akhirnya Dawson kemudian masuk dalam jajaran petinggi Rockets pada 1996. Pria asal Alba, Texas itu menjabat sebagai Manajer Umum Rockets hingga 2007. Dalam kiprahnya sebagai manajer umum, Dawson ikut andil dalam perekrutan Yao Ming dalam NBA Draft 2002. Selain perekrutan Yao Ming sebagai No. 1, Dawson juga ada berada di balik pertukaran yang membawa Tracy McGrady ke Rockets pada 2004.

“Sebagai manajer umum, ia membawa bakat-bakat ikonik ke Houston termasuk Charles Barkley, Steve Francis, Yao Ming, dan Tracy McGrady, sambil juga mengumpulkan juara WNBA empat kali bersama Houston Comets.”

Sebagai penghormatan untuk Dawson, saat ia pensiun dari Rockets, waralaba tersebut menggantung spanduk dengan inisial nama CD di langit-langit Toyota Center, Houston. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar