Vincent Collet tidak akan benar-benar meninggalkan tim nasional Prancis. Meski sudah melepas jabatan sebagai pelatih kepala, Collet tetap mendampingi Les Bleus. Pelatih berusia 61 tahun itu menjadi penasihat khusus timnas Prancis.

Federasi Bola Basket Prancis (FFBB) mengumumkan pada Senin (9/9) waktu setempat. Collet akan bergabung dalam direktur teknis sebagai penasihat khusus. Collet ditempatkan di bawah wewenang Direktur Teknis Alain Contensoux dan Direktur Kinerja dan Tim Prancis Jacques Commeres.

“(Collet) akan mengemban sejumlah misi yang terkait langsung dengan keahliannya sebagai pelatih dalam dimensi teknis, pendidikan, dan manajerial. Keahlian dan pengalamannya akan menjadi nilai tambah yang tak terbantahkan dalam Direktorat Teknis Nasional FFBB,” tulis keterangan resmi FFBB.

Collet menangani Prancis pada 2009-2024 setelah beberapa tahun sebelumnya menjadi asisten. Selama 15 tahun kiprahnya di tim nasional, Collet membawa Prancis meraih dua emas Olimpiade (2020, 2024), dua perunggu Piala Dunia FIBA (2014, 2019), dan empat medali EuroBasket, termasuk juara pada 2013.

Collet juga mencatatkan diri sebagai pelatih Prancis tersukses. Ia memperoleh 179 kemenangan dalam 253 pertandingan. Secara keseluruhan, Collet telah berpartisipasi dalam enam Piala Dunia FIBA dan empat Olimpiade.

“Ini lebih dari sekedar hal yang menyenangkan. Saya telah menjadi pelatih selama 26 tahun dan saya mendapat kehormatan besar menjadi penyeleksi nasional. Ini adalah waktu yang tepat untuk babak akhir,” ujar Collet dilansir melalui Eurohoops.

Collet akan menjadi bagian misi Prancis di Olimpiade Los Angeles 2028. Tugas pertamanya adalah membantu memilih Prancis berganti generasi. Pemilihan pelatih baru menjadi langkah yang krusial berikutnya. Selain itu, Collet akan diminta memberikan saran tentang pelatihan pemain dan pelatih. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar