Cedi Osman resmi bergabung dengan Panathinaikos Aktor. Pemain asal Turki itu diperkenalkan di Athena, Yunani pada Minggu (8/9) waktu setempat. Ia memiliki kontrak satu tahun.

Osman begitu antusias bermain di Greek Basket League yang berpeluang membuatnya tampil di kasta tertinggi kompetisi Eropa. Sebab, ia menjadi bagian tim yang merupakan juara EuroLeague 2024. Harapan Osman begitu tinggi. Ia ingin membantu Panathinaikos mempertahankan gelar EuroLeague di musim mendatang.

“Untuk itu, saya di sini untuk meraih gelar EuroLeague beruntun,” kata Osman dilansir melalui laman Basketnews. “Kami memiliki tim yang hebat. Tetapi musim ini akan lebih menantang karena persaingan yang ketat dan transfer besar oleh tim lain. Namun, yang jelas, kami adalah yang terbaik dan akan meraih gelar berturut-turut.”

Ini menjadi pertama kalinya Osman bermain di luar Turki dan Amerika Serikat. Osman memulai karier bersama Anadolu Efes di Turkish Super League pada 2011-2017.

Osman sempat mengikuti NBA Draft 2015 dan menjadi No. 31 ronde kedua oleh Minnesota Timberwolves. Kemudian ditukar ke Cleveland Cavaliers. Osman bersegrama Cavaliers hingga 2023.

Osman menjadi paket pertukaran tiga tim yang melibatkan San Antonio Spurs dan Miami Heat. Musim lalu Osman bermain 72 gim dengan Spurs. Ia mencatat 6,8 poin, 2,5 rebound, dan 1,7 asis.

Setelah tujuh tahun berkiprah di NBA, Osman kembali ke Eropa lagi. Pemain berusia 29 tahun itu mengatakan cukup mudah mengambil keputusan bergabung dengan Panathinaikos. Osman mengaku memang ada tawaran dari tim EuroLeague lain.

“Itu pilihan yang mudah bagi saya. Saya sudah mengenal tim ini selama bertahun-tahun. Saya pernah bermain melawan mereka saat saya masih muda. Saya berbicara dengan pelatih Ergin Ataman beberapa kali. Dia pelatih saya saat masih muda. Senang bisa menjadi bagian dari Panathinaikos,” tuturnya. (rag)

Foto: Panathinaikos Aktor

Komentar