Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih meninggal dunia pada Kamis (5/9). Roda organisasi harus tetap berjalan. Untuk itu Perbasi akan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketum. Posisi itu akan berlaku hingga pemilihan ketua umum baru.

Dalam keterangan resminya pada Senin (9/9), Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat pleno. Rapat itu dijadwalkan pada sore hari ini untuk menunjuk Plt Ketum.

“Secara aturan organisasi, jika ketum berhalangan tetap, maka kami akan segera menggelar rapat pleno untuk menentukan Plt Ketum. Itu akan kami lakukan sesegera mungkin. Rencananya dilaksanakan Senin sore setelah Susuk dikremasi,” ujar Nirmala.

Baca juga: Pengabdian Seumur Hidup Danny Kosasih untuk Basket Indonesia

Dunia basket Indonesia masih dalam suasana duka. Jenazah Danny sendiri dikremasi pada hari ini pukul 10.00 WIB. Pada Minggu (8/9) malam, telah berlangsung ibadah penghiburan, penutupan peti, dan malam kebang.

Danny meninggal dunia karena masalah jantung. Ia menjalani operasi pemasangan ring di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Setelah menghembuskan napas terakhir, jenazah Danny disemayamkan di Rumah Duka Grand Heaven, Jakarta Utara.

Penunjukkan Plt Ketum memang diperlukan. Sebab, Perbasi sendiri masih menyisakan satu agenda di penghujung periode ini. Mereka menjadwalkan Musyawarah Nasional (Munas) dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum Periode 2024-2028.

Baca juga: Alasan Perbasi Tetapkan Uang Pendaftaran Rp500 Juta untuk Calon Ketum

“Selanjutnya adalah membahas munas. Sehingga nanti munas berjalan dengan baik dan organisasi tetap berjalan dengan baik,” imbuh Nirmala.

Adapun munas tersebut dilaksanakan pada 28-20 Oktober 2024 di Jakarta. Berdasarkan hasil Tim Penjaringan, sudah ada dua kandidat yang mengambil formulir pendaftaran. Mereka adalah Yos Paguno dan Budisatrio Djiwandono.

Batas akhir penyerahan formulir pada 23 September 2024. Setelah itu Tim Penjaringan akan melakukan verifikasi. Nantinya yang lolos akan menjadi calon ketua umum dan pemungutan suara dilakukan saat munas.

Danny Kosasih sendiri menjabat sebagai Ketum PP Perbasi selama dua periode. Dalam masa kepemimpinannya, Indonesia meraih emas SEA Games 2021 untuk tim putra dan emas SEA Games 2023 untuk tim putri. (rag)

Foto: Perbasi

Komentar