Kekayaan Earvin “Magic” Johnson meningkat dalam lima tahun terakhir. Legenda hidup Los Angeles Lakers itu dinobatkan sebagai atlet triliuner pada Oktober 2023 oleh majalah Forbes. Johnson diprediksi menyalip kekayaan Michael Jordan dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut majalah Forbes, kekayaan Jordan mencapai AS$3,75 miliar. Jordan menjadi atlet pertama yang mencapai status triliuner. Selama 15 musim kariernya di NBA, Jordan meraup AS$94 juta. Sisanya dari kontrak sponsor, termasuk merek Air Jordan dengan Nike, dan ditambah hasil menjual saham mayoritas Charlotte Hornets.

Namun ternyata, Johnson punya peluang untuk menggeser status Jordan sebagai pemain NBA terkaya sepanjang masa. Sebab, Johnson memiliki penghasilan yang lebih beragam dari Jordan.

Dari segi pendapatan sebagai pemain, Johnson memang “hanya” memperoleh AS$70 juta. Tetapi Johnson memiliki jalannya sendiri untuk menjadi pemain NBA terkaya. Johnson adalah pebisnis handal dan cerdas dalam berinvestasi.

Kedekatannya dengan Jerry Buss membuat Johnson banyak belajar tentang bisnis dan pengelolaan waralaba olahraga. Buss, yang merupakan pemilik Lakers, menjadi sosok ayah sekaligus mentor bagi Johnson.

Untuk itulah, Johnson kemudian menginvestasikan hartanya untuk memiliki sebanyak mungkin waralaba olahraga. Beberapa waralaba yang dimiliki Johnson yaitu Washington Spirit (NWSL), saham di Washington Commanders (NFL), Team Liquid (esports), Los Angeles Sparks (WNBA), Los Angeles FC (MLS), dan juga Los Angeles Dodgers (MLB).

Forbes memperkirakan Johnson memiliki kekayaan AS$1,2 miliar. Selain kepemilikan di tim-tim olahraga, Johnson juga berinvestasi besar di berbagai industri. Salah satunya memiliki 60 persen saham di perusahaan asuransi EquiTrust yang berpusat di Iowa. Johnson membelinya pada 2015.

Mungkin jumlah kekayaan Johnson saat ini masih di bawah Jordan. Tetapi pengamat memperkirakan, harta Johnson akan bertambah seiring berkembangnya investasi yang dia lakukan. Dalam lima tahun mendatang, Johnson bisa mencapai angka AS$3,5 miliar. Cukup dekat untuk menggeser Jordan.

Sementara itu, dalam daftar atlet paling kaya ada Tiger Woods di posisi kedua dengan jumlah AS$2,66 miliar. Disusul Cristiano Ronaldo AS$1,92 miliar, Arnold Palmer AS$1,76 miliar, dan LeBron James AS$1,7 miliar. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar