Pemain bintang Denver Nuggets, Jamal Murray, telah menyetujui perpanjangan kontrak berdurasi empat tahun dengan nilai maksimum sebesar AS$208 juta, pada hari Sabtu (7/9) waktu Amerika Serikat. Murray membantu memimpin Nuggets meraih gelar NBA pertama bagi waralaba tersebut pada tahun 2023, membuat penampilan luar biasa setelah pulih dari cedera ACL yang membuatnya absen sepanjang musim 2021-2022.

Pemain asal Kanada tersebut telah menghabiskan tujuh musim NBA-nya bersama Nuggets. Membantu klub kebanggaan warga kota Denver tersebut memenangkan gelar NBA pada tahun 2023 dan memicu perjalanan Kanada ke perempat Olimpiade Paris bulan lalu. 

Denver Post dan ESPN melaporkan perpanjangan kontrak maksimal Murray, yang membuatnya tetap bersama Nuggets hingga musim 2028-2029. Nuggets mengikat Murray sebelum dia memenuhi syarat untuk menjadi pemain free agent tahun depan.

Pemain berusia 27 tahun ini mencatatkan poin tertinggi dalam kariernya sebanyak 21,2 poin dan 6,5 asis per gim musim lalu, serta akurasi tembakan terbaik dalam kariernya yaitu 48,1 persen dan akurasi tripoin sebesar 42,5 persen. Namun Nuggets kalah dari Minnesota Timberwolves dalam tujuh pertandingan di babak kedua playoff NBA musim lalu. 

Murray mengalami cedera ligamen lutut kiri dan absen sepanjang musim 2021-2022, tetapi kembali bermain pada musim berikutnya dan mencetak rata-rata 20,0 poin dan 6,2 asis dalam perjalanan Denver menuju kejuaraan.

Bersama dengan MVP tiga kali Nikola Jokic, Murray membentuk kombinasi dalam-luar yang menjadi inti kesuksesan Nuggets selama beberapa musim terakhir. Murray merupakan pilihan ketujuh secara keseluruhan dalam Draft NBA 2016, membawa tim Nuggets yang hanya sekali melewati babak playoff pertama sejak 1994 dan mengangkatnya ke babak kedua atau lebih baik dalam lima musim terakhir yang dimainkannya.

Menurut Nandjee Ranjan dari Sportskeeda, dalam proses negosiasi kontrak baru Murray, ada faktor Los Angeles Lakers di dalamnya. Performa Murray saat melawan Lakers membuatnya bisa dapat perpanjangan kontrak maksimal. Dalam penampilan playoff putaran pertama musim lalu, Nuggets berhasil menyingkirkan Lakers dengan keunggulan 4-1. Murray mencetak rata-rata 23,6 poin dan 7,2 asis per gim, dengan akurasi tembakan 40,0 persen tembakan dan 29,4 persen tripoin di seri tersebut. (*)

Foto: ESPN

Komentar