Kevin Garnett dan Tim Duncan sama-sama bersinar di awal abad ke-21. Mereka menjadi rival di lapangan. Nick Young memiliki penilaian. Ia menyebut Garnett lebih baik daripada Duncan.

Young hadir dalam siniar Gil’s Arena. Mantan pemain Golden State Warriors itu mendapat pertanyaan dari Josiah Johnson. “Jadi KG (Kevin Garnett) itu lebih baik dari Tim Duncan?” tanya Johnson. Young mengiyakan dan memberi penjelasan.

“Ya. Tim memang hebat. Tetapi saya merasa hanya karena Anda memiliki prestasi dan meraih banyak gelar, tidak selalu Anda lebih baik daripada orang tersebut. Menurut saya, (San Antonio Spurs) lebih baik dari Timberwolves. Jika Anda menempatkan KG di Spurs, saya pikir ia akan memiliki jumlah cincin yang sama,” jawab Young.

Young menilai Duncan lebih beruntung. Duncan berada di tim yang lebih solid. Saat itu, Spurs memiliki bantuan untuk Duncan. Ada David Robinson, Manu Ginobili, Tony Parker, hingga Kawhi Leonard.

Fakta lainnya Duncan meraih tiga MVP NBA Final pada 1999, 2003, dan 2005. Dua yang lain menjadi milik Tony Parker (2007) dan Kawhi Leonard (2014). Sedangkan Garnett tidak memiliki pendukung sekaliber pemain-pemain di atas.

Dari segi penghargaan, Duncan memang di atas Garnett. Duncan memenangkan lima cincin juara, tiga MVP Final NBA, dua MBP NBA, 15 All-Star, plus Rookie of the Year 1998. Adapun Garnett memenangkan satu juara NBA, satu MB NBA, Defensive Player of the Year 2008, dan 15 All-Star.

Garnett juga menjadi legenda Timberwolves. Garnett menjadi MVP NBA 2004. Terakhir kali (sebelum tahun ini) Timberwolves ke Final Wilayah Barat. Keberuntungan Garnett saat pindah ke Boston Celtics (2007-2013).

Akhirnya Garnett meraih hal yang layak untuknya yaitu juara NBA pada tahun 2008. Setelah Pindah ke Celtics dan Brooklyn Nets (2013-2015), Garnett kembali lagi ke Minnesota dan menghabiskan satu tahun terakhirnya pensiun sebagai pemain Timberwolves.

Secara statistik, Duncan juga lebih di atas Garnett. Duncan memiliki rata-rata 19,0 poin, 10,8 rebound, 3,0 asis, 2,2 blok per gim. Adapun Garnett dengan 17,8 poin, 10 rebound, 3,7 asis, 1,4 blok, dan 1,3 steal per gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar