Perjalanan Danny Kosasih di dunia basket telah berakhir. Banyak kenangan dan cerita yang ia torehkan selama dua periode kepemimpinannya. Bahkan sebelum menghembuskan napas terakhir pada Kamis (5/9) pukul 21.15 WIB, Danny masih sempat memikirkan basket.

“Hampir 100 persen waktunya beliau diberikan untuk basket Indonesia. Ini sangat luar biasa sekali. Beliau punya waktu ke daerah, mungkin ketum cabor lain, belum tentu semua daerah dikunjungi,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi pada Jumat (5/9) di Rumah Duka Grand Heaven, Jakarta Utara.

Seharusnya pada hari ini, Perbasi memiliki agenda pelatihan dengan Phil Handy, eks asisten pelatih Los Angeles Lakers. Selain itu, juga ada agenda musyawarah nasional (munas) dan PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara.

Tetapi takdir berkata lain. Danny harus masuk rumah sakit karena mengalami masalah jantung. Ia menjalani operasi pemasangan ring di Rumah Sakit Medistra, Jakarta pada Kamis. Sayangnya, kondisi Danny tidak membaik usai operasi dan ia pun meninggal.

Baca juga: Tokoh-tokoh Basket Beri Penghormatan Terakhir untuk Danny Kosasih

“Sebetulnya kami merasa sangat shock karena sebenarnya yang kami lihat, Ketum Perbasi ini tidak ada masalah. Sangat sehat. Bahkan sampai kami menunggu di rumah sakit kemarin, mengantar rame-rame, Susuk ini ketawa bareng, bahagia banget,” ungkap Nirmala.

Saat Danny masuk rumah sakit, Nirmala dan Christopher Tanuwidjaja ikut mengantar. Mereka sempat bercengkrama sebelum Danny masuk ruang operasi. Bahkan Danny masih sempat membicarakan program dan agenda Perbasi mendatang.

“Kami juga membahas Perbasi, membahas program kami. Sore ini kami kan ada jumpa pers mengenai program baru Perbasi dengan Itop (Christopher Tanuwidjaja). Kemudian juga banyak yang kami persiapkan. Masih sangat detail sekali, beliau menanyakan mengenai persiapan munas, anak-anak seperti apa, yang di PON Aceh, sudah pesan tiket untuk ke PON juga,” imbuh Nirmala.

Di bawah kepemimpinan Danny, berbagai prestasi berhasil ditorehkan. Seperti emas SEA Games 2021 untuk putra dan emas SEA Games 2023 untuk putri. Selain itu, Indonesia juga sukses menjadi salah tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar