Kabar duka menyelimuti basket Indonesia. Karena pada Kamis malam, 5 September 2024, tersiar kabar bahwa Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih meninggal dunia di usia 69 tahun. Menurut kabar yang beredar, Coach Danny (sapaan akrabnya) meninggal karena serangan jantung, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. 

Kiprahnya di basket Indonesia meninggalkan warisan yang tidak mudah dilupakan. Lahir di Semarang, 20 Februari 1955 dengan nama Kho Po Thay, Coach Danny dikenal sebagai sosok yang mencintai olahraga bola basket. 

Dia sempat aktif menjadi pemain, hingga namanya dikenal saat terjun di dunia kepelatihan. Pada tahun 1975, Coach Danny terpilih oleh Komda Perbasi Jawa Tengah untuk mengikuti  Kejurnas Mini Bola Basket di Jakarta dari kejuaraan tersebut, Coach Danny meraih prestasi pertamanya sebagai pelatih dengan membawa tim Jawa Tengah menjadi Juara pada kompetisi itu. Dari hasil kejuaraan tersebut, memotivasi Coach Danny untuk terus mempelajari ilmu kepelatihan bola basket.  

Sepanjang pengabdiannya sebagai pelatih, Coach Danny sudah membina beberapa pemain yang berprestasi di basket Indonesia, seperti Saut Lambok Johnson (pernah di Stadium Jakarta), Danny Harahap (Bima Sakti Malang), Gede Agus Wahyudi, Antonius Joko Endratmo (Aspac Jakarta) dan masih banyak lagi pemain-pemain yang tidak bisa dituliskan satu persatu. Kiprahnya sebagai pelatih juga tidak lepas dari Satya Wacana Salatiga, yang diasuhnya hingga tahun 2012. 

Coach Danny terpilih sebagai Ketua Umum PP Perbasi pada tahun 2015. Masa kepemimpinannya sendiri akan berakhir pada Oktober nanti dimana Perbasi akan mencari ketua umum yang baru.

Karena sudah memimpin dua periode, Danny Kosasih tidak akan mencalonkan diri lagi. Di masa kepemimpinan Danny Kosasih, Perbasi meraih kejayaannya. Salah satu prestasi yang diukir adalah meraih medali emas SEA Games untuk kategori putra dan putri, kemudian menjadi tuan rumah ajang bergengsi, seperti FIBA Asia Cup 2022 dan FIBA Basketball World Cup 2023. 

Selamat Jalan Suk Danny. (*)

Foto: Mainbasket

Komentar