Charles Barkley memiliki analisasinya sendiri terkait perlakukan yang diterima Jayson Tatum dan Jaylen Brown selama musim panas ini. Barkley yakin duo Boston Celtics itu sengaja dibuat kesal.

“NBA menemukan cara untuk membuat mereka berdua kesal musim panas ini, bagaimana menurut Anda?” kata Barkley dalam The Bill Simmons Podcast. “Hanya NBA yang bisa melakukan itu.”

“Mari kita buat dua dari 10 pemain terbaik NBA kesal setelah memenangkan kejuaraan. Mungkin Isiah Thomas diperlakukan tidak adil di Dream Team (1992). Tetapi saya tidak dapat memikirkan skenario lain di mana NBA membuat dua pemain lebih kesal daripada yang mereka lakukan di musim panas ini dengan Jayson dan Jaylen. Saya benar-benar mempercayai hal itu,” tutur Barkley.

Untuk Brown, dia tidak terpilih dalam Timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. Saat Kawhi Leonard mundur pun, USA Basketball lebih memilih rekan Brown di Celtics yaitu Derrick White. Padahal Brown merupakan MVP Final NBA 2024.

Untuk Tatum, ia memang masuk tim The Avengers di Prancis. Tapi Tatum mengalami DNP alias Did Not Play dalam dua gim. Bagi pemain sekelas Tatum, yang menjadi poros utama Celtics yang juara NBA 2024, hal itu agak menyebalkan.

Celtics memang mendominasi NBA 2023-2024. Mereka menjadi unggulan pertama dengan rekor 64-18. Tim asuhan Joe Mazzulla itu menekuk Miami Heat 4-1 di ronde pertama, Cavaliers 4-1 di semifinal wilayah, menyapu bersih Pacers di Final Wilayah Timur, dan membungkam Mavericks 4-1 di Final NBA 2024.

Tidak hanya soal Tatum dan Brown. Barkley juga bersimpati kepada Tyrese Haliburton. Menurut Barkley, AS memperlakukan Haliburton sebagai orang yang tidak penting. Haliburton sendiri menjadi pemain AS paling jarang melantai di Olimpiade Paris 2024. Tapi toh Haliburton santai-santai saja.

“Tidak ada alasan untuk tidak bermain. Mereka mengorbankan musim panas mereka untuk mewakili negara. Tidak akan ada penurunan drastis seperti yang Anda tahu, mungkin saya harus memasukkan Jayson Tatum ke dalam permainan. Anda tidak akan memasukkan pemain lapis kedua di sana,” imbuh MVP 1993 itu. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar