Di tengah kritik pedas terhadap Rudy Gobert, Presiden Timberwolves Tim Connelly ingin agar pemain Prancis tersebut tetap di Minnesota hingga pensiun. Rudy terbukti sebagai pemain yang bagus dengan pertahanannya yang berada di antara pemain-pemain terbaik sepanjang masa. Akan tetapi, ketidakmampuannya untuk menjaga perimeter membuatnya menjadi sasaran bagi para pengendali bola lawan, yang sering kali memanfaatkan kelemahannya untuk mencuri poin. 

Gobert mencetak rata-rata 14,0 poin, 12,9 rebound, dan 2,1 blok musim lalu, memenangkan trofi Defensive Player of the Year setelah memainkan peran penting dalam memimpin Timberwolves ke pertahanan terbaik di NBA. Dampak defensifnya juga menghasilkan kemenangan bagi tim, membantunya Wolves dengan cara yang sama seperti ia memberi dampak pada Utah Jazz selama bertahun-tahun.

Karena permainannya tersebut, Presiden TimberwolvesTim Connely mengatakan bahwa mereka menginginkan Rudy di tim tersebut untuk tahun-tahun mendatang, bahkan mungkin hingga pemain tengah Prancis itu pensiun. 

"Kami ingin Rudy bertahan di sini untuk waktu yang lama. Kami mencintai agennya, dia sudah lama menjadi teman kami dan salah satu pemain terbaik di liga," katanya, dikutip dari Fadeaway World. "Tentu saja, tujuan kami dengan sebagian besar pemain ini adalah mempertahankan mereka selama mereka ingin berada di sini dan semua orang sangat senang. Jadi idealnya, kesinambungan adalah salah satu kekuatan terbaik yang akan kami miliki untuk memasuki musim ini, dan kami sangat menyukai kelompok inti kami." 

Pertahanan Gobert telah menjadi kontroversi, dengan banyak yang secara terbuka mendiskusikan apakah Gobert memang pantas mendapatkan semua penghargaan defensif yang telah diraihnya selama kariernya. Dari sudut pandang statistik yang tidak bias, dampak defensif Gobert tidak dapat disangkal. Namun, melihatnya tidak dapat dimainkan melawan serangan cepat, maka penilaian terhadap kualitas Gobert menurun. 

Baru-baru ini, Howard mempersoalkan bahwa Gobert mungkin kurang pantas menerima penghargaan yang ia menangkan tahun lalu. "Saya tidak merasa dia pantas mendapatkan penghargaan DPOY seperti yang diterimanya. Saya merasa dia adalah pemain bertahan tim yang hebat, tetapi untuk apa yang telah dia lakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut? Saya tidak melihatnya sebagai pemain bertahan elit, saya melihatnya sebagai seseorang yang memiliki ukuran tubuh yang bagus," ujar Howard. 

Gobert adalah salah satu pembeda terbesar dalam pertahanan tim di NBA, dengan waktunya di Jazz dan Wolves membuktikan hal itu. Keunggulan pertahanan Gobert di musim reguler atau di area pertahanan tidak dapat diragukan, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ia dapat meneruskannya hingga ke Playoff. Karena selama ini Gobert juga belum pernah membawa timnya menjadi juara liga. (*)

Foto: Pioneer Press

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Bergabung dengan Big Three, Kevin Durant Optimis Phoenix Suns Bisa Juara
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Kelly Antar Pelita Jaya ke Final (Playoff IBL 2016)
Timnas Putri Panggil 17 Nama untuk Seleksi FIBA Women's Asia Cup 2021
Blake Griffin Terancam Absen Lawan Bucks di Putaran Pertama Playoff
Shaedon Sharpe Jadi Peserta Pertama Slam Dunk Contest 2023