Olympiakos bergerak cepat mengamankan Evan Fournier. Pada Selasa (3/9) Olympiakos resmi mengumumkan kedatangan Fournier di Athena, Yunani. Ini menjadi pertama kalinya Fournier kembali ke Eropa setelah 12 tahun.

Fournier menyetujui kontrak selama dua tahun dengan juara EuroLeague tiga kali tersebut Shams Charania menyebutkan bahwa Fournier mendapat nilai AS$4 juta hingga musim 2026 mendatang.

Fournier pun memulai debutnya di liga lain selain Prancis. Sebelum masuk NBA tahun 2012 sebagai No. 20, Fournier berlaga di LNB Pro A. Fournier merupakan mantan pemain Nanterre 92 dan Poitiers. Fournier menjadi Best Young Player dan Most Improved Player (MIP) pada 2011 dan 2012.

Selama 12 tahun di NBA, Fournier memiliki waktu terlama di Orlando Magic. Setelah dua tahun pertama dengan Denver Nuggets, Fournier berseragam Magic pada 2014-2021. Fournier dilepas Pistons dan menjadi agen bebas pada musim panas lalu.

Masuknya Fournier semakin memantapkan roster Olympiakos. Mereka berupaya merebut kembali tahta EuroLeague. Olympiakos terakhir kali juara pada tahun 2013. Setelah itu, mereka masuk tiga kali dan selalu kalah.

Pada EuroLeague 2024, Olympiakos kalah dari Real Madrid di semifinal. Olympiakos harus puas di posisi ketiga dengan menumbangkan Fenerbahce Beko. Sementara itu, rival Olympiakos di Greek Basketball League yaitu Panathinaikos yang merebut gelar.

Selain Fournier, Olympiakos memiliki amunisi lain. Sebelumnya mereka telah memiliki Sasha Vezenkov hingga 2029. Vezenkov sendiri hanya semusim di Sacramento Kings setelah menjadi MVP EuroLeague 2023.

Olympiakos juga mendapatkan Filip Petrusev. Pemain Serbia itu pernah memperkuat Philadelphia Sixers dan Kings tahun 2023. Petrusev sendiri menjadi juara EuroLeague 2022 bersama Anadolu Efes. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar