Dwight Howard bicara soal keputusannya meninggalkan NBA. Howard pindah ke Taiwan dan bermain di T1 League. Saat hadir dalam siniar Gil’s Arena bersama Gilbert Arenas, Howard melihat sisi positif dari hal tersebut.

Howard mengungkapkan bahwa ia bersyukur bisa memiliki karier di NBA selama 18 tahun. Tetapi ada hal yang tidak ia sukai. Bermain di NBA membuatnya jauh dari rumah. Dengan jadwal yang intens, hanya sedikit waktu dengan keluarga.

“Saya suka bermain di NBA. Selalu menyukainya. Saya telah bekerja keras dan menghabiskan banyak waktu. Sekarang saya ingin memberikan waktu itu untuk anak-anak. Saya telah mengorbankan banyak waktu untuk diri sendiri, agar saya dapat berlatih dan melakukan semua hal itu. Anak-anak sudah semakin dewasa,” tuturnya.

Howard punya karier yang bagus di NBA. Ia memulainya sebagai No. 1 NBA Draft 2004 dengan Orlando Magic. Lalu masuk NBA All-Rookie First Team 2005. Tiga kali beruntun menjadi Defensive Player of the Year 2009-2011.

Setelah di Orlando, Howard pernah memperkuat Lakers, Rockets, Hawks, Hornets, Wizards, dan Sixers. Howard kembali ke Lakers pada 2019-2020. Momen yang tepat karena ia ikut serta merayakan Lakers juara NBA 2020.

Selama dua tahun setelahnya, Howard hilir mudik ke Lakers dan Sixers. Akhirnya Howard mengakhiri perjalanannya di NBA dengan Lakers pada tahun 2022. Howard memilih menerima tawaran Taoyuan Leopards di T1 League. Howards langsung menjadi Most Valuable Import T1 League 2023. Tapi kehadiran Howard tak cukup membawa Leopards juara. Mereka di dasar klasemen dengan rekor 6-24.

“Para penggemar (di Taiwan) yang tidak pernah berkesempatan datang untuk menonton NBA, kini mendapat kesempatan untuk menonton kami bermain. Ini adalah perasaan yang luar biasa. Pergi kesana membuat saya hidup kembali,” kata pemain berusia 38 tahun.

Howard tidak sendiri. Ia berhasil mengajak DeMarcus Cousins untuk pindah ke Asia. Setelah setelah Howard ke Taiwan, Cousins menyusul dan bergabung dengan Leopards. Kini Cousins menjajal kesempatan dengan ikut FIBA 3x3 World Tour dengan Wuxi WenLv dari Cina. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar