Manajemen Los Angeles Lakers ingin meninjau kembali peluang akuisisi Jonas Valanciunas, yang jadi favorit LeBron James selama offseason ini. Meskipun bukan target utama dibandingkan dengan yang lain, Valanciunas masih bisa cocok dengan Anthony Davis. Namun saat ini Valanciunas terikat kontrak dengan Washington Wizards senilai lebih dari AS$30 juta selama tiga tahun. 

Menurut reporter NBA Jovan Buha dari The Athletic, Lakers akan mencoba mendapatkan Jonas Valanciunas dari Washington Wizards. Lakers melakukan hal tersebut setelah LeBron James rela untuk menerima pengurangan gaji dalam kontrak barunya dengan Lakers untuk menambah pemain tengah tersebut. 

"Jelas Lakers yang berminat," kata Buha dalam podcastnya. "Ia ada dalam daftar LeBron, jadi saya pikir Lakers mungkin akan mempertimbangkannya lagi."

Keputusan tersebut akan bergantung pada biaya perdagangan, dengan Lakers memiliki beberapa pilihan draft yang berharga saat mereka mempertimbangkan keputusan untuk menambah pemain berkualitas guna mengejar gelar juara. 

Dengan LeBron James memasuki musim NBA yang ke-22, Lakers berada di bawah tekanan untuk memastikan mereka mengelilinginya dengan pemain yang dapat membantu usahanya untuk meraih gelar juara kelima. Lakers tersingkir oleh Denver Nuggets di babak pertama playoff Wilayah Barat tahun lalu. Ini menandai musim kedua berturut-turut Los Angeles dipulangkan oleh Denver, memperkuat keyakinan bahwa perubahan diperlukan agar Lakers lebih kompetitif.

Valanciunas mencatatkan rata-rata 12,2 poin, 8,8 rebound, 2,1 asis, 0,4 steal, dan 0,8 blok pada musim 2023-2024 untuk New Orleans Pelicans, dengan akurasi tembakan 55,9 persen dari lapangan, 30,8 persen dari tripoin, dan 78,5 persen dari garis tembakan gratis. Ia juga mencatatkan 33 dobel-dobel musim lalu.

Valanciunas yang berusia 32 tahun memiliki rata-rata karier sebesar 13,4 poin, 9,5 rebound, 1,3 assist, 0,4 blok, dan 1,0 blok bersama Toronto Raptors, Memphis Grizzlies, dan Pelicans. 

Menurut orang dalam NBA Sean Deveney dari Heavy Sports, banyak pengamat percaya bahwa Valanciunas direkrut oleh Wizards "hanya untuk diperdagangkan."

"Ini adalah kesepakatan yang sangat cerdas bagi Valanciunas karena ia dibayar di saat tidak banyak posisi yang tersedia. Anda sering melihatnya di bisbol, seorang pemain yang menandatangani kontrak dengan tim yang buruk hanya untuk kemudian ditukar, dan Anda akan melihat lebih banyak hal seperti itu dalam permainan kami," ungkapnya.

Sementara Valanciunas ada dalam daftar incaran LeBron James, Lakers tampaknya memprioritaskan prospek yang lebih segar, seperti Wendell Carter, yang lebih muda dan telah menunjukkan potensi yang mengesankan. Saat ini Lakers belum agresif dalam melakukan perekrutan pemain. LeBron James yang akan berusia 40 tahun menciptakan urgensi bagi Lakers dalam perebutan gelar.

Di sisi lain, Lakers perlu menyeimbangkan kesuksesan jangka pendek dengan strategi jangka panjang saat mereka mempertimbangkan perdagangan untuk mendapatkan Valanciunas atau pemain besar lainnya untuk memaksimalkan peluang juara bersama LeBron dan Davis. (*)

Foto: NY Post

Komentar