Timnas Indonesia kalah telak dari Filipina dengan skor 48-75, pada laga perdana FIBA U18 Asia Cup 2024, di Yordania, Senin malam (2/9). Indonesia hanya mampu mengimbangi Filipina di kuarter pertama saja. 

Bertandingan di As Salt, Arena Complex, Yordania, timnas Indonesia membuka poinnya melalui Kennie Elbert Kristianto. Indonesia masih sempat memimpin 4-3 di lima menit pertama. Sampai akhirnya keunggulan tersebut hilang untuk seterusnya setelah Mark Airick Reyes Esperanza memasukkan dua kali tembakan gratis. Timnas Indonesia terus tertinggal hingga akhir laga. 

Indonesia semakin terpuruk di kuarter kedua dengan hanya mencetak dua poin saja. Filipina unggul 23-2 di kuarter tersebut. Sementara, Filipina mencetak keunggulan tertinggi dengan jarak 36 poin di kuarter ketiga. Lalu di kuarter keempat hanya tinggal mengamankan keunggulan. 

Wilhalm Lawrence Superales Cabonilas menjadi top skor Filipina dengan catatan 19 poin dan delapan rebound. Nicholash Drei Lorenzo menyumbang 12 poin, dan John Earl Medina 11 poin. Dari Indonesia, hanya ada satu pemain yang bisa menyelesaikan laga dengan poin digit ganda yaitu Halmaheranno Aprianto Lolaru Hady dengan 12 poin, ditambah sembilan rebound. 

Tim asuhan Andrie Ekayana Satya Santosa ini tidak boleh meratapi kekalahan terlalu lama. Karena mereka akan bermain melawan Selandia Baru, Selasa malam (3/9) waktu setempat. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar