Tampaknya adidas melihat kesuksesan besar ketika mereka berkolaborasi dengan BAPE untuk adidas Basketball Dame 4 pada tahun 2018. Menyusul sukses ini, adidas sekali lagi berkolaborasi dengan label asal Jepang tersebut untuk Dame 9, lini sepatu khas bintang Milwaukee Bucks Damian Lillard.

adidas dan BAPE telah membina hubungan dekat selama bertahun-tahun. Mereka menghasilkan berbagai macam proyek mulai dari UltraBOOST bercorak kamuflase hingga kolaborasi multimerek yang melibatkan NEIGHBORHOOD. Kini, karya terbaru duo ini adalah mengangkat pamor sepatu khas edisi kesembilan Damian Lillard.

adidas Dame 9 adalah sepatu paling ringan di kelasnya dan telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan atlet. Dilengkapi bantalan ringan dan zona di bagian midsole untuk melindungi kaki dan mengurangi berat, serta pelindung jari kaki berbahan nubuck untuk memperkuat daya tahan dan perlindungan pada area abrasi tinggi.

Lillard memperkenalkan Dame 9 pada acara privat yang diadakan di Indianapolis, bulan Februari 2024. Menjelang All-Star Game NBA 2024, adidas memperkenalkan sepatu tersebut kepada publik, dengan menampilkan warna Merah/Hitam yang cerah untuk pertama kalinya. Peluncuran ini menandai momen penting bagi penggemar basket yang sangat menantikan inovasi alas kaki terbaru dari Lillard. 

Foto: Sneaker Bar Detroit

Dame 9 memancarkan semangat dengan skema warna yang mencolok. Semakin manis dengan logo "D" dalam warna neon di bagian lidah sepatu, sehingga menciptakan kontras warna. Dengan posisi yang unik, Three Stripes menghiasi kedua sisi sepatu, menambah daya tariknya yang khas. Selain itu, sembilan titik di bagian tumit berfungsi sebagai anggukan halus pada nomor model, yang mewujudkan esensi desain Dame 9. 

Sekilas melihat kolaborasi ini, di mana terdapat ciri khas BAPE, yaitu motif kamuflase. Yang pertama juga dilengkapi sol luar berbahan karet, sol tengah berwarna hitam, dan ABC CAMO hijau pada bagian atas sepatu dengan ABC LINE CAMO pada bagian kerah. Sementara yang kedua dilengkapi sol luar berwarna merah, sol tengah berwarna hitam, dan SOLID CAMO merah pada bagian atas dengan ABC LINE CAMO pada bagian kerah. Sayangnya, warna yang terinspirasi dari bendera Amerika Serikat belum dirilis. Tampaknya produk tersebut akan jadi barang eksklusif dan tidak akan dirilis dalam waktu dekat. 

Di sisi pakaian, kaus jala yang dapat dibolak-balik dan celana pendek yang serasi memulai semuanya sementara kaus kaki bermerek adidas dan BAPE, serta tee grafis dari BABY MILO yang menampilkan Lillard melengkapi rangkaiannya. Pada saat artikel ini ditulis, baik BAPE maupun adidas belum mengumumkan detail perilisan terkait kolaborasi terbaru mereka yang melibatkan Damian Lillard. Meski demikian, Hypebeast melaporkan tanggal perilisan pada 31 Agustus 2024 waktu Jepang. Harga mulai dari AS$20 untuk kaus kaki dan naik hingga AS$160 untuk setiap pasang sepatu. (*)

Foto: Instagram Damian Lillard

Komentar