Timnas Amerika Serikat menatap pergantian generasi. Pada Olimpiade berikutnya, bintang-bintang muda NBA saat ini yang akan menjadi punggawa AS. Tracy McGrady memprediksi AS akan cukup kesulitan mempertahankan dominasinya.

McGrady mengungkapkan prediksi Olimpiade Los Angeles 2028 melalui unggahan video di Instagramnya. Penilaian All-Star tujuh kali itu tidak hanya berdasarkan calon roster AS empat tahun mendatang. Tetapi juga melihat perkembangan negara-negara lain yang sudah bisa mengusik AS.

“AS dalam masalah di Olimpiade berikutnya. Saya khawatir medali emas mungkin akan jatuh ke negara lain. Saya suka permainan Ant (Edwards). Siapa yang tahu apa yang akan dilakukan Jayson Tatum? Siapa saja pemain AS yang akan tampil?” buka McGrady.

“Paolo Banchero mungkin pemain yang bisa kita masukkan ke roster karena dia pemain muda yang sedang naik daun. Cooper Flagg mungkin pemain yang hebat. Dia mungkin akan melakukannya di tahun ketiganya, memasuki tahun keempatnya. Saya mencari pemain selevel Steph Curry, KD, dan Bron. Dan saya tidak melihat itu akan terjadi.”

Kemungkinan hanya KD, veteran yang bermain lagi di Olimpiade LA 2028. LeBron sudah menegaskan bahwa ia tidak akan ikut serta di event berikutnya. Usianya tahun in 40 tahun. Entah Curry. Kemungkinan malah bisa pensiun juga.

AS memang tidak melemah. Tapi negara lain lah yang semakin kuat. Seperti yang terlihat di beberapa pertandingan di Olimpiade Paris 2024. Serbia nyaris bisa mengalahkan AS. Nikola Jokic diperkirakan tetap bermain di Olimpiade mendatang.

Kemudian Prancis yang memiliki pemain-pemain muda potensial. Victor Wembanyama memimpin Prancis dan sudah cukup matang empat tahun lagi. Prancis juga mengimbangi AS di final Olimpiade lalu.

“Kamu mungkin akan kesulitan di Olimpiade berikutnya. Saya pikir Kanada punya peluang besar. Begitu juga dengan Prancis. Jelas mereka punya peluang besar karena ada Wemby di sana. Mereka punya bakat hebat. Kalian hanya tidak tahu apa yang dilakukan beberapa negara lain,” ungkap McGrady. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar