Tyrese Haliburton tidak menyia-nyiakan kesempatannya bergabung dengan Timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. Haliburton memanfaatkan momen tersebut untuk “mempromosikan” Indiana Pacers. Siapa tahu, dalam pikiran Haliburton, ada yang tertarik pindah ke Indiana dan membentuk tim super.

Hal itu terungkap dalam wawancara Haliburton dengan Justin Marville dari Oshkosh Northwestern. Ya, Haliburton sedang kembali ke kampung halamannya dan melakukan kamp bola basket di Oshkosh, Wisconsin.

Haliburton tidak hanya sekedar menikmati momen di Paris, Prancis bersama pemain-pemain kelas wahid di NBA, sampai tim mereka dijuluki The Avengers.  Haliburton juga bercanda dengan mencoba merekrut setiap pemain Timnas AS untuk bergabung dengannya di Pacers.

“Pada dasarnya, saya merekrut setiap orang di tim itu. Siapa pun yang ingin bergabung dengan kami di Indiana, saya setuju,” kata pemain berusia 24 tahun itu sembari tertawa.

Baca juga: Dapat Emas Minim Keringat, Tyrese Haliburton Menertawakan Diri Sendiri

Mungkin upaya Haliburton dianggap remeh dan guyonan belaka. Tetapi tidak ada salahnya. Sebab, ada catatan sejarah yang cukup menarik. Beberapa pemain pindah tim dan membentuk tim super setelah mereka bermain bersama untuk timnas.

Contohnya Miami Heat. Mereka pernah memiliki roster yang berisi LeBron James, Chris Bosh, dan Dwyane Wade pada tahun 2010-2014. Itu terjadi setelah mereka bermain di Kejuaraan Dunia FIBA 2016 (sekarang Piala Dunia FIBA) dan Olimpiade Beijing 2008.

Contoh lainnya adalah Golden State Warriors. Stephen Curry bermain bersama dengan Kevin Durant di Kejuaraan Dunia FIBA 2010. Lalu ditambah Andre Iguodala, yang juga bermain dengan KD di Olimpiade London 2012. KD pindah ke Warriors pada 2016.

Mereka bukan satu-satunya rekan setim KD di Timnas AS yang kemudian menjadi rekan setim di NBA. Ada Kyrie Irving yang bermain di Olimpiade Rio 2016, yang jadi rekan setim KD di Brooklyn Nets. Lalu Devin Booker di Olimpiade Tokyo 2020 lalu setim dengan KD di Phoenix Suns hingga saat ini.

Bisa jadi hanya kebetulan. Tapi siapa yang tahu ada pembicaraan pemain-pemain tersebut di balik layar. Sebab, Haliburton mengakui bahwa ada yang mengajaknya pindah tim. “Mungkin akan ada sesuatu yang muncul setelahnya. Saya memang direkrut. Tetapi saya tidak akan kemana-mana,” tegasnya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar