Olimpiade Paris 2024 menjadi momen yang tak terlupakan bagi LeBron James. Ia menjadi pebasket Amerika Serikat pertama yang menjadi pembawa bendera. Meski sudah berkarier lebih dari dua dekade, LeBron tetap merasa cemas dalam momen pembukaan Olimpiade.

Dalam acara The Shop, LeBron mengungkapkan perasaannya saat menjadi pembawa bendera (flag bearer) Olimpiade. LeBron memimpin kontingen AS melintasi Sungai Seine, Paris. Untuk pembawa bendera perempuan, AS menunjuk petenis muda Coco Gauff.

“Sekitar lima menit sebelum kami naik (kapal) dan membawa bendera, saya mulai merasa gugup. Sangat gugp. Saya juga merasa demikian sebelum pertandingan. Tapi yang ini berbeda. Saya mewakili seluruh negara,” ungkapnya.

“Saya berharap menjadi pembawa bendera bisa menginspirasi banyak orang. Tidak hanya di Amerika, tetapi juga anak anak di berbagai negara untuk ingin menjadi pembawa bendera di Olimpiade dan menjadi representasi dari hal yang positif,” kata juara NBA empat kali itu.

Penampilan LeBron epik. Meme LeBron membawa bendera meramaikan jagad maya. Julukannya bertambah yaitu LeFlag Barrier dan LeCaptain America. Tidak hanya itu. Ada lelucon yang menyebut LeBron terlihat seperti menemukan benua Amerika.

Saat pembukaan Olimpiade pada 26 Juli 2024 itu, kota Paris diguyur hujan. LeBron berdiri paling depan di kapal di atas sungai Seine. Sebagai pembawa bendera, LeBron dan Gauff mengenakan jas warna putih. Kontras dengan seragam kontingen AS yang berwarna biru dongker.

“Begitu kami turun dari kapal, saya akhirnya bisa mengeluarkan ponsel dari saku karena pada hari itu kami basah kuyup. Saya mulai melihat beberapa foto. Lalu video dari banyak anggota keluarga yang mengirimi saya klip-klip saat acara berlangsung. Mereka menonton TV dan mengirimkan rekaman itu,” tutur LeBron.

“Bagi saya dan Coco berada di sana sebagai dua anak kulit hitam yang mewakili negara kami di panggung olahraga terbesar, itu adalah perasaan yang luar biasa. Itu adalah sesuatu yang akan saya ingat selamanya. Komunitas saya akan mengingatnya dan siapa pun yang terlibat dengan Olimpiade Paris 2024. Sangat luar biasa,” lanjutnya.

LeBron membawa AS mempertahankan emas Olimpiade kelima beruntun. Bagi LeBron, ini menjadi emas Olimpiade ketiga dari empat edisi. Selain itu, LeBron menjadi pemain basket tertua sepanjang sejarah timnas AS. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar