Tim nasional Prancis akan menghadapi babak baru di perjalanan mereka. Hal ini dipastikan dengan keputusan kepala pelatih mereka, Vincent Collet, yang baru saja memutuskan untuk turun dari posisinya. Keputusan ini mengakhiri perjalanan total 15 tahun Collet dengan Prancis. Kabar ini disampaikan oleh L'Equipe.  

Sepanjang 15 tahun itu pula, Collet dan Prancis bisa disebut cukup sukses. Ia mengantarkan Prancis mendapatkan dua medali perak Olimpiade di dua gelaran terakhir, 2020 Tokyo dan 2024 Paris. Ada juga dua medali perunggu di Piala Dunia FIBA 2014 Spanyol dan 2019 Cina. Medali emas ia sempat dapatkan di level EuroBasket pada 2013 usai menaklukkan Slovenia. 

Belum ada keterangan resmi dari Collet mengenai keputusan ini. Pun demikian, ia sudah sempat mengutarakan perasaannya kepada awak media jelang Final Olimpiade 2024 Paris lalu. 

"Saya sudah selesai dengan semuanya," buka Collet kala itu. "Perjalanan 15 tahun yang luar biasa. Sebuah keistimewaan untuk saya bisa ada di posisi ini dan merasakan emosi seperti ini. Mendapatkan medali untuk tim nasional Prancis selalu istimewa. Menjadi juara Eropa di 2013 dan dua kali final Olimpiade adalah cara yang tepat untuk menutup semuanya. Saya senang dengan semuanya," pungkas pelatih 61 tahun ini. 

Prancis dikabarkan sudah memulai pencarain pengganti Collet. Ada dua nama yang berada di daftar calon pengganti. Yang pertama adalah pelatih asal Prancis, Frederic Fauthoux yang kini menangani JL Bourg. Selain itu ada juga nama kepala pelatih Cleveland Cavaliers, Kenny Atkinson. Kenny sendiri sudah masuk jajaran staf pelatih Prancis di Olimpiade 2024 Paris lalu. Siapa yang akan menjadi pemimpin  pasukan generasi baru Prancis di laga-laga internasional selanjutnya? (DRMK)

Foto: Getty Images

Komentar