Indiana Pacers rupanya ingin mempertahankan tim inti musim lalu yang berhasil menembus Final Wilayah Timur. Pacers telah menyetujui persyaratan dengan garda T. J. McConnell untuk perpanjangan kontrak maksimal empat tahun senilai AS$45 juta. Penurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, perpanjangan kontrak tersebut sebagai penghargaan kepada McConnell atas penampilannya yang memukau di musim 2023-2024. 

Pacers melaju ke Final Wilayah Timur NBA musim lalu berkat kedalaman daftar pemain mereka. Salah satunya yang memberi dampak adalah TJ McConnell di lini kedua. Pemain veteran 10 tahun itu masih memiliki satu musim tersisa dalam kontraknya saat ini, tetapi sekarang dia terikat kontrak hingga musim 2028-2029.

Pemain berusia 32 tahun tersebut baru saja mencapai puncak kariernya dalam hal perolehan poin dengan 10,2 poin per gim selama musim reguler, dan 11,8 poin per gim di babak playoff saat Indiana melaju ke final Wilayah Timur. Ia berada di urutan ketujuh dalam pemungutan suara untuk Sixth Man of The Year, setelah tampil dalam 71 pertandingan dan hanya bermain sebagai starter dalam empat pertandingan.

Musim lalu, McConnell juga mencatatkan rata-rata 5,5 asis per gim, serta akurasi tembakan tripoin sebesar 41 persen. Ia mampu meningkatkan produktifitasnya selama pascamusim menjadi 11,8 poin, dan memainkan pertahanan man-to-man yang gigih melawan bintang New York Knicks Jalen Brunson. McConnell ditugaskan mengawal Brunsin, untuk mengurangi beban pada Tyrese Haliburton saat bertahan.

Berasal dari Pennsylvania Barat yang bermain basket perguruan tinggi di Duquesne dan Arizona, McConnell telah menghabiskan sembilan tahun di NBA bersama Philadelphia 76ers dan Pacers sejak melakukan debutnya pada bulan Oktober 2015. Ia menandatangani kontrak dengan Sixers setelah tidak terpilih dalam draft tahun itu dan bergabung dengan Pacers sebagai pemain free-agent pada tahun 2019. Selama kariernya, McConnell telah mencetak rata-rata 7,5 poin dan 5,1 asis per pertandingan dan persentase tembakan tripoin sebesar 35 persen.

Mengikat McConnell dengan kontrak jangka panjang merupakan langkah Pacers untuk mempertahankan tim inti yang kuat. Selama offseason ini, Pacers juga telah mengontrak kembali Pascal Siakam dan Obi Toppin, sekaligus memperpanjang kontrak Andrew Nembhard, yang juga muncul sebagai pemain penting bagi Pacers dalam perjalanan pascamusim.

Pacers berada di posisi keenam di Wilayah Timur, imbang dengan Orlando Magic dan Sixers dengan rekor 47-35, dan melaju ke final In-Seasons Tournament melawan Los Angeles Lakers. Pacers mengalahkan Milwaukee Bucks dan Knicks di babak playoff sebelum disingkirkan oleh juara NBA Boston Celtics di Final Wilayah Timur. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar