Center LA Clippers Ivica Zubac telah menyetujui perpanjangan kontrak selama tiga tahun. Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan pada hari Jumat (30/8) waktu Amerika Serikat, bahwa Clippers memberikan kontrak baru senilai AS$58,6 juta untuk tiga musim tersebut. Kesepakatan itu adalah kontrak tiga tahun maksimum yang tersedia untuk ditandatanganinya musim panas ini berdasarkan perjanjian tawar-menawar kolektif saat ini. Kesepakatan ini akan membuat Zubac tetap berada di Los Angeles hingga musim 2027-2028.

Zubac, yang memasuki musim ketujuhnya bersama Clippers, mencatatkan poin tertinggi sepanjang kariernya yakni 11,7 poin dan 9,2 rebound per gim pada musim lalu, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap 51 kemenangan Clippers. Penampilan pascamusimnya termasuk rata-rata 16,2 poin per gim dalam seri Wilayah Barat melawan Dallas Mavericks.

Zubac memang tidak mendapatkan sorotan seperti rekan setimnya, James Harden dan Kawhi Leonard. Tetapi data-data statistik membuktikan pentingnya keberadaan Zubac dalam tim tersebut. Clippers unggul +5,1 per 100 penguasaan bola musim lalu dengan kehadirannya di lapangan. Ia adalah finisher berkualitas di sekitar ring, dapat mencetak angka dari posisi bertahan, mengoper dengan baik, dan merupakan pelindung pertahanan tingkat tinggi. 

Dikutip dari data Second Spectrum, Zubac menembak 65 persen secara keseluruhan di musim reguler. Menempati peringkat ketiga di liga di belakang Daniel Gafford dan Rudy Gobert. Dari segi defensif, Zubac unggul di bawah ring, menahan lawan hingga 49,6 persen tembakan dari 200 lebih tembakan yang berhasil ditepis. Itulah sebabnya Clippers mengikat pemain berusia 27 tahun itu dengan perpanjangan kontrak tiga tahun

Zubac, pilihan putaran kedua Los Angeles Lakers pada tahun 2016, baru saja menyelesaikan musim kelimanya bersama Clippers sejak bergabung pada tahun 2019. Ia menorehkan tahun terbaik sepanjang kariernya pada tahun 2023-24, dengan mencetak 11,7 poin dan 9,2 rebound per pertandingan serta akurasi tembakan 64,9 persen.

Zubac akan tetap berada di starting line up Clippers Angeles bersama Kawhi Leonard dan James Harden musim mendatang saat Clippers mulai bermain di markas barunya, yaitu Intuit Dome. (*)

Foto: Athlon Sports

Komentar