Michael Porter Jr. mengungkapkan sisi buruk di NBA. Pemain Denver Nuggets itu mengaku sulit menikmati permainan NBA saat ini. Sistem saat ini membuatnya bermain seperti robot. Ini tidak lepas dari orientasi liga kepada uang.

Porter hadir dalam siniar Austin Rivers bertajuk “Off Guard”. Dalam acara tersebut, Porter memberi pernyataan yang mengejutkan. Porter berbicara soal kariernya dan pandangannya terhadap liga modern ini.

“Saya akan memainkan pertandingan ini secara cuma-cuma selama saya masih bisa makan. Sayang menyukainya. Uang terkadang membuat saya sedikit kesulitan menikmati permainan. Karena kontrak maksimal itu muncul banyak ekspektasi mengenai konsistensi. Oh, seharusnya Anda menjadi All-Star, Anda seharusnya menjadi ini, menjadi itu,” tutur Porter.

Pemain memiliki beban berat. Pertandingan sangat ketat dan intens. Semusim ada 82 gim. Ada aturan baru sejak musim lalu, pemain minimal harus tampil 65 gim untuk memenuhi syarat meraih penghargaan individu.

Untuk pemain bintang, mereka memiliki kontrak fantastis. Tekanan untuk menampilkan hal-hal istimewa juga lebih besar. Belum lagi sorotan dari media dan penggemar serta tim. Jika gagal, pemain bisa mengalami pengalaman yang menyedihkan.

Porter mungkin bukan bintang utama Nuggets. Tapi tekanan untuknya akan lebih besar musim depan. Sempat mengalami masalah cedera, Porter akhirnya mendapat kontrak lima tahun senilai AS$179 juta hingga 2027.

Sejauh ini Porter menghadapi tekanan dengan baik. Porter menjadi pencetak skor ketiga Nuggets setelah Nikola Jokic dan Jamal Murray. Pada musim 2023-2024, Porter mencatat 16,7 poin, 7,0 rebound dan 1,5 asis dalam 81 pertandingan. Ia memiliki akurasi tembakan 48,4 persen. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar