Dengan kabar terbaru dari Nike ini, maka kita akan menyadari betapa besar pengaruh seorang LeBron James untuk perusahaan perlengkapan olahraga tersebut. Karena saat sepatu ini diluncurkan, maka LeBron menjadi pemain pertama yang memiliki sepatu khas latihan. Sebuah gebrakan baru di dunia bisnis sepatu olahraga yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Nama resmi sepatu tersebut adalah Nike LeBron TR 1 yang akan dirilis pada 29 Agustus 2024, dengan warna "Light Smoke Grey". Menurut situs Nike.com, sepatu ini dibanderol dengan harga AS$130. Nike juga sudah merilis detail dan gambar resmi sepatu tersebut. Menurut Brandon Richard dari Complex, ada tiga warna model tersebut telah dibuat, selain "Light Smoke Grey", nantinya juga ada edisi "Black" dan "Volt".

Awalnya sepatu ini muncul dalam latihan tim Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. Semua mengira bahwa sepatu tersebut adalah prototipe dari model baru Nike LeBron. Namun belakangan diketahui bahwa ini adalah proyek terbaru Nike, sesuai permintaan LeBron. Di mana bintang Los Angeles Lakers tersebut menginginkan sepatu khusus untuk latihan saja. 

Gayung bersambut, ide tersebut langsung dibuat oleh Nike dengan melahirkan sepatu khas latihan pertama untuk duta terbaiknya. Sebuah lini bisnis baru yang belum pernah diberikan Nike kepada duta-duta lainnya. 

Menurut Nike, LeBron TR 1 terinspirasi oleh seri Nike Metcon, yang dikenal karena daya tahan dan keserbagunaannya. Sepatu ini dirancang untuk menghadapi latihan terberat sekaligus mempertahankan tampilan yang ramping. 

Bagian atas sepatu memadukan bahan jala yang dapat membuat sirkulasi udara lebih baik dengan bahan sintetis. Sepatu ini tidak memperhatikan gaya. namun dirancang untuk performa. Desainnya yang ramping memberikan dasar yang stabil, ideal untuk angkat beban dan latihan intensitas tinggi. 

Sol luar yang tahan lama menawarkan cengkeraman yang sangat baik di berbagai permukaan. Memastikan pemainnya tetap membumi selama sesi latihan yang intens. Sol tengah yang empuk memberikan kenyamanan, membuatnya sempurna untuk periode latihan yang lama. 

LeBron James telah menjadi salah satu atlet unggulan Nike sepanjang kariernya yang gemilang. Menandatangani kesepakatan seumur hidup dengan perusahaan tersebut pada Desember 2015. Ia memperoleh sekitar AS$32 juta per tahun dari Nike, menurut Justin Birnbaum dari Forbes .

Pencetak skor terbanyak sepanjang masa NBA akan kembali bermain untuk Lakers musim depan setelah menyetujui kontrak dua tahun senilai $101,4 juta dengan organisasi tersebut pada tanggal 6 Juli 2024. (*)

Foto: Sneaker Bar Detroit

Komentar