Jeremy antusias untuk berseragam timnas Polandia lagi. Pemain San Antonio Spurs itu menyatakan diri akan tampil di EuroBasket 2025. Ini akan menjadi penampilan ketiganya di event internasional untuk tim senior.

Polandia sudah sendiri lolos dengan status sebagai tuan rumah EuroBasket 2025. Selain Polandia, EuroBasket 2025 juga berlangsung di tiga negara lain. Yakni Cyprus, Finlandia, dan Latvia. Untuk babak kualifikasi masih berlangsung dengan total peserta 24 tim.

Dalam keterangan resmi dari Federasi Bola basket Polandia, Sochan mengungkapkan ekspektasinya dalam EuroBasket mendatang. Ia akan bersiap sebaik mungkin membawa Polandia ke posisi tertinggi.

“Menjelang musim panas mendatang, saya rasa kami perlu mempersiapkan diri lebih baik dari segi mental dan fisik. Kami harus siap,” ungkap No. 9 NBA Draft 2022 itu.

Sochan antusias karena ia bisa tampil di negaranya sendiri. Ini menjadi ketiga kalinya Polandia menjadi tuan rumah EuroBasket. Sebelumnya mereka pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1963 dan menjadi finalis.

Lalu tuan rumah lagi tahun 2019 dan finis di posisi sembilan. Polandia mencapai semifinal EuroBasket 2022. Tapi mereka kalah dari Jerman di perebutan medali perunggu.

Pemain berusia 21 tahun itu terkesan bermain di tanah airnya. Ia melihatnya saat Olimpiade Paris 2024 lalu. Kehadiran penonton membuat pemain menjadi lebih bersemangat.

“Saat Olimpiade, kita melihat kekuatan-kekuatan Eropa seperti Jerman, Serbia, Prancis, jadi kami tahu bahwa kami harus siap bersaing dengan terbaik di tahun depan,” kata Sochan.

Sochan lahir di Oklahoma, Amerika Serikat. Ibunya berasal dari Polandia dan ayahnya dari AS. Tapi pada masa remajanya, ia tumbuh di Inggris. Sochan kembali lagi ke AS untuk bersekolah di La Lumiere School, Indiana.

Sochan tampil dalam dua gim dalam Olympic Qualifying Tournament di Spanyol. Tapi Polandia gagal lolos Olimpiade Paris 2024. Sochan meraih 18 poin, 9 rebound, dan 3 asis per gim. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar