Susah juga membuat seorang Shaquille O’Neal terkesan. Kehebohan Olimpiade Paris 2024 tidak membuat Shaq tertarik. Meski Amerika Serikat mempertahankan medali emas kelima beruntun di Olimpiade.

Dalam The Big Podcast with Shaq, juara NBA empat kali itu ditanya soal penampilan timnas AS di Olimpiade Paris 2024. Ternyata LeBron James dkk mendapat penilaian buruk dari Shaq karena tidak bisa menang dengan dominan.

“Saya bahkan tidak memperhatikan Olimpiade. Saya punya kepribadian yang dominan. Saya tidak peduli Anda, bahkan sepupu saya Kenny yang mempunya argumen ini. Kenny bilang persaingan dunia semakin sengit. Tapi saya rasa tidak demikian,” ucap Shaq.

“Fakta bahwa (AS menang) 95-91, hanya menang selisih satu poin dari Sudan Selatan. Ayolah, Bung. Itu tidak seharusnya terjadi,” kata mantan pemain Los Angeles Lakers dan Miami Heat itu.

AS membawa roster legendaris di Olimpiade Paris 2024. Untuk pertama kalinya LeBron dan Stephen Curry satu tim. Ditambah pemain veteran Kevin Durant, yang akhirnya mengoleksi emas Olimpiade keempatnya.

Tetapi Shaq memiliki standar yang tinggi. Ia baru akan mengakui kehebatan tim AS yang sekarang jika bisa menang dengan margin lebih dari 20 poin. Tapi pada babak semifinal dan final, AS hampir saja tumbang.

AS bersusah payah keluar dari tekanan Serbia di semifinal. Berkat pertolongan Curry dan LeBron, AS menang 95-91 dari Serbia. Kemudian di final, AS mengalahkan Prancis 98-87 dengan tripoin brutal Curry di dua menit terakhir.

Saat laga uji coba, ada kejutan lainnya. AS hampir kalah dari Sudah Selatan, tim yang baru debut di Olimpiade. Berkat tembakan LeBron di detik-detik akhir, AS pun mengunci kemenangan 101-100.

AS menyapu bersih lima gim uji coba. Begitu pula dengan enam gim di Olimpiade Paris 2024. Pada babak penyisihan grup hingga perempat final melawan Brazil, AS selalu meraih skor di atas 100 poin. (rag)

Foto: FIBA

Komentar