Kasus unik muncul di perbasketan internasional. Tepatnya terjadi Rusia dalam gelaran the Friendship Cup yang dilaksanakan di kota Perm. Kasus ini melibatkan salah satu tim nasional undangan, Kolombia. 

Ya, salah satu tim yang diundang untuk bermain adalah tim nasional Kolombia. Namun, setelah dua laga bermain, Federasi Basket Kolombia mengeluarkan pernyataan di mana tim yang di Rusia ini ternyata bukanlah tim nasional yang resmi ditunjuk oleh federasi. 

"Federasi Basket Kolombia tidak memberikan segala macam restu atau mengirim tim untuk mengikuti Friendship Cup di Rusia," buka rilis resmi tersebut. "Federasi Basket Kolombia akan mengambil langkah legal atas hal ini, terutama penggunaan logo, nama, dan semacamnya dalam turnamen ini."

Kepala Federasi Basket Rusia yang juga mantan pemain NBA, Andrei Kirilenko, pun angkat bicara mengenai hal ini. Ia bahkan sudah mengambil langkah cepat setelah Kolombia kalah 155-53 di gim pertama dan 108-57 di gim kedua padahal hanya melawan tim lokal kota Perm. 

"Kami menolak bertanggung jawab atas yang segala yang sudah terjadi. Kami menegaskan bahwa seluruh interaksi dengan tim Kolombia sudah dilakukan melewati jur resmi. Pengiriman tim dan jalur komunikasi yang ada sudah melalui Presiden Federasi Basket Kolombia," tutur Kirilenko dilanisr Match TV Portal. 

Kirilenko memutuskan bahwa Kolombia tidak akan memainkan gim ketiga yang akan berhadapan dengan tim nasional Rusia. "Setelah gim pertama, kami menyadari bahwa level permainan Kolombia lebih rendah dari yang kita bayangkan dan ini cukup mengecewakan kami. Kami sudah melakukan penyesuaian jadwal untuk menjaga level kompetisi turnamen ini," pungkasnya. (DRMK)

Foto: Novaya Gazeta Europe

Komentar