Dirk Nowitzki memang sudah pensiun lima tahun lalu. Tapi ia masih tetap berada di Dallas Mavericks. Bukan sebagai pemain lagi. Nowitzki menjadi penasihat untuk Mavericks sejak tahun 2021.

“Penasihat adalah kata yang sangat menarik. Saya tidak terlalu banyak memberi nasihat. Ada beberapa perubahan pada posisi manajer umum. Mereka meminta saya untuk terlibat,” kata Nowitzki dalam Eurohoops.

Nowitzki menjadi legenda hidup Mavericks. Ia menghabiskan lebih dari dua dekade di Dallas. Diawali sebagai No. 9 NBA Draft 1998. Kemudian membawa Mavericks juara NBA 2011. Satu-satunya gelar Mavericks sejak didirikan pada 1980.

Pada tahun 2021, Mavericks tidak hanya menunjuk Nowitzki sebagai penasihat klub. Mereka juga merekrut pelatih Jason Kidd untuk menggantikan Rick Carlisle. Kidd sendiri merupakan rekan setim Nowitzki pada tahun 2008-2012.

“Mereka menempatkan orang-orang baik dalam pekerjaan ini. J-Kidd adalah teman baik saya. Kami selalu membicarakan basket, tidak seperti saya pergi ke pusat kebugaran setiap hari. Penasihat mungkin kata yang agak berat,” tutu pemain asal Jerman itu.

Selama 21 tahun di NBA, Nowitzki terpilih 14 kali All-Star dan empat kali All-NBA First Team. Pemain asal Jerman itu menjadi MVP Final NBA 2011 dan MVP NBA 2008. Ia juga sempat memenangkan Kontes Tripoin 2006.

Atas raihan tersebut, Mavericks menjadikan Nowitzki sebagai ikon klub setelah dia pensiun. Lalu perannya bertambah sebagai penasihat khusus tim dalam tiga tahun terakhir. Dalam kurun waktu itu, Mavericks mencapai Final Wilayah Barat 2022 dan Final NBA 2024. Meski sempat gagal ke playoff pada 2023. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar