Beberapa waktu lalu Anthony Edwards membuat komentar soal kemampuan basket pemain era 90-an. Menurutnya hanya Michael Jordan yang memiliki ketangkasan. Komentar itu membuat kuping Magic Johnson panas.

Johnson sendiri merupakan pemain satu satu generasi dengan Jordan. Mereka mencapai puncak kejayaannya pada era 90-an. Jordan dengan Chicago Bulls. Johnson bersama Los Angeles Lakers. Keduanya bersatu dalam Dream Team di Olimpiade Barcelona 1992.

Dalam acara yang dipandu bersama Stephen S. Smith, Johnson menyerang balik Edwards. Sebab, Johnson juga merupakan pemain di era yang disebutkan Edwards itu. Johnson menyebut Edwards sebagai anak kecil yang tidak pernah juara.

“Saya tidak pernah menanggapi seseorang yang tidak pernah memenangkan kejuaraan. Tidak ada yang perlu dibicarakan. Dia tidak memenangkan kejuaraan di perguruan tinggi. Saya bahkan tidak tahu apakah dia memenangkan kejuaraan di SMA,” ujar Johnson.

Baca juga: Anthony Edwards Sebut Michael Jordan Satu-satunya Pemain dengan Skill Bagus di 90-an!

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal, Edwards menjawab pertanyaan tentang basket di era 90-an. Jawabannya menjadi kontroversi hingga membuat Johnson ikut berkomentar.

“Semua bilang era tersebut lebih sulit dan lebih keras daripada sekarang. Tapi menurut saya mereka tidak memiliki ketangkasan (skill) yang lebih baik dari era sekarang. Michael Jordan adalah satu-satunya pemain yang punya ketangkasan bagus,” ucap Edwards.

Edwards memang memiliki kepercayaan diri sangat tinggi. Usianya masih 22 tahun. Tapi dia digadang-gadang menjadi wajah liga di masa mendatang. Beberapa pengamat menilai Edwards adalah titisan Jordan dilihat dari kemampuan dan sisi atletisnya.

Edwards menjadi salah satu pemain yang membawa Amerika Serikat memenangkan Olimpiade Paris 2024. Meski menjadi pemain termuda di tim itu, Edwards mendapat peran lebih besar dari Jayson Tatum.

Pada Olimpiade Paris 2024, AS membawa roster super. Termasuk LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant. Edwards tidak ciut nyali. Pemain yang akrab disapa Ant-Man itu justru menyebut dirinya sebagai Pilihan No. 1 di Timnas AS.

Pada NBA 2023-2024, Edwards menjadi pemain kunci Minnesota Timberwolves yang melaju hingga Final Wilayah Barat. Ia mencatat rata-rata 24,6 poin, 8,8 rebound, dan 7,8 asis di lima gim melawan Dallas Mavericks. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar