Lego dan Nike mengumumkan kemitraan multitahun yang menyatukan merek pakaian olahraga terbesar dan perusahaan mainan yang juga paling besar di dunia. Kolaborasi Lego dan Nike seperti mimpi yang menjadi nyata, setelah bertahun-tahun para penggemar berusaha menyatukan keduanya. 

Lego dan Nike akan "memproduksi produk, konten, dan pengalaman bersama mulai tahun depan". Tidak jelas apa maksud dari pernyataan dalam rilis kolaborasi mereka. Tetapi potensi bisnis besar akan terjadi dengan penggabungan dua merek yang paling dicintai di dunia ini. 

Kedua perusahaan memiliki pengalaman luas dalam merancang produk. Nike dengan perlengkapan dan mereknya, dan Lego dengan pengalaman di dunia mainan yang tak tertandingi. Menggabungkan keduanya dapat membuat anak-anak dan orang dewasa akan terkesima.

"Kami gembira bermitra dengan Nike dalam perjalanan ini dan membantu menata kembali bagaimana permainan kreatif dan olahraga dapat bersatu," kata Alero Akuya, VP Pengembangan Merek di Lego Group, dalam sebuah pernyataan. "Bersama-sama, kami akan menciptakan pengalaman unik yang akan melibatkan anak-anak di seluruh dunia, menginspirasi mereka untuk mengeksplorasi imajinasi mereka."

"Di Nike, kami percaya pada kekuatan olahraga untuk memajukan dunia, dan itu dimulai dari anak-anak," lanjut Cal Dowers, VP, Global Kids, NIKE, Inc. "Bersama Lego Group, kami gembira dapat mengajak semua anak ke dalam visi baru olahraga dan permainan kreatif."

Secara logika, kemitraan ini dapat menghasilkan perangkat Lego baru yang memanfaatkan merek dagang Nike yang sudah dikenal. Sama seperti ketika Lego bermitra dengan berbagai merek lain selama bertahun-tahun. Perusahaan ini menjual versi balok dari semua jenis kendaraan klasik dan modern, seperti Ferrari, Porsche, Bugatti, Lamborghini dan Vespa. Kemudian ada juga properti film "Back to the Future", "Ghostbusters", "Lord of the Rings", dan masih banyak lagi. Bahkan pesawat luar angkasa NASA yang bekerja sama dengan para insinyur badan antariksa tersebut.

Produk ini dijual sebagai bagian dari seri Lego Icons, dan dapat dibayangkan jika perusahaan Denmark tersebut menciptakan set Nike Air Jordan pertama dan Nike Bruins milik Marty McFly. Lego juga bisa menambahkan detail pada lini mainan terpopulernya, Lego City , dengan memasukkan merek Nike ke dalam elemen-elemen dalam set tersebut. 

Sebaliknya, ada peluang bagi Nike untuk mendesain ulang beberapa hoodie, kaos, ransel, dan barang-barang bermerek Lego lainnya yang dijual Lego di toko daring dan fisiknya. Barang-barang ini sangat membutuhkan kehalusan desain Nike. Nike juga dapat menggunakan peluang ini untuk menambahkan estetika bata Lego ke beberapa sepatu atau pakaian olahraga yang keren. (*)

Foto: Nike

Komentar