Kobe Bryant menjadi salah satu orang yang ikut mengampanyekan Los Angeles sebagai tuan rumah Olimpiade. Belum sempat melihat hasil upayanya, Kobe berpulang. Empat tahun usai kematiannya, Nike memasang mural Kobe di Los Angeles.

Mural Kobe terpasang bersama dengan logo Olimpiade Los Angeles 2028. Mural tersebut terletak di depan Hotel Figueroa, yang tidak jauh dari Crypto.com Arena. Dua foto Kobe tampak samping terpasang di sisi luar gedung.

Sisi gedung di tengahnya terdapat logo Olimpiade Los Angeles 2028 dengan latar emas, warna yang identik dengan Lakers. Nike juga menyertakan kalimat “No Time To Lose” beserta logo Swoosh ikoniknya.

Kobe terlibat dalam promosi Los Angeles untuk bidding Olimpiade. Kobe muncul dalam video presentasi final untuk International Olympic Committee (IOC) pada tahun 2017.

“Olimpiade diadakan di sini dan banyak budaya yang berbeda terwakili akan menjadi kisah yang indah untuk diceritakan,” kata Kobe dalam video tersebut.

Los Angeles akhirnya ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade pada 2017. Ini menjadi ketiga kalinya dalam sejarah City of Angels itu menjadi tuan rumah. Edisi sebelumnya pada tahun 1932 dan 1984.

Olimpiade LA 2028 dijadwalkan pada 14-30 Juli 2028. Multievent itu rencananya mempertandingkan 35 cabang olahraga. Upacara pembukaan akan digelar di Los Angeles Memorial Coliseum.

Istri mendiang Kobe, Vanessa Bryant mengungkapkan bahwa Kobe sangat antusias menghadirkan Olimpiade di Los Angeles. Saat ditawari untuk menjadi bagian dari tim bidding, Kobe langsung setuju.

“Ketika Kobe diminta untuk mendukung upaya membawa Olimpiade ke LA, dia langsung menjawab ya. Dia sangat gembira akhirnya terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. Saya bangga mengatakan Kobe membantu kisah Olimpiade dan Paralimpiade LA 28,” tutur Vanessa.

Kobe menghabiskan 20 tahun kariernya di Lakers. Ia mengoleksi lima cincin juara, dua Final MVP NBA, dan menjadi MVP NBA 2008. Kobe pensiun pada 2016. Kobe meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari 2020 bersama putri keduanya, Gianna. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar