Goran Dragic resmi pensiun dari bola basket dengan pertandingan persahabatan di Ljubljana yang mempertemukan beberapa bintang NBA dulu dan sekarang. Ini adalah salah satu pertandingan persahabatan paling seru dan menghibur yang pernah diselenggarakan di dunia basket Eropa. Goran Dragic menghabiskan 40 menit terakhirnya di Ljubljana, dan secara resmi pensiun dari permainan.

Goran Dragic resmi pensiun dari dunia sepak bola setelah 16 tahun berkarir di NBA. Sebagai pemain pilihan putaran ke-2 pada tahun 2008, Dragic bermain untuk 7 tim NBA selama karirnya dan membantu Slovenia memenangkan gelar EuroBasket pertamanya pada tahun 2017.

Pertandingan perpisahannya, "Night of the Dragon", diadakan di Stozice Arena. Luka Doncic menjadi kapten tim yang terdiri dari Bogdan Bogdanovic, Luis Scola, Nikola Jokic, Dejan Bodiroga, Dirk Nowitzki, Robin Lopez, Aleksej Nikolic, Matic Rebec, Beno Udrih, Jaka Blazic, Edo Muric, Bostjan Nachbar, Uros Slokar, Sasa Zagorac, Miha Zupan, Boban Marjanovic, Gasper Vidmar, Miroslav Beric, dan terakhir mantan rekan setimnya di Dallas Mavericks Josh Richardson.

Pada hari pertandingan bola basket terakhirnya, kapten Goran Dragic ditemani oleh Steve Nash, Predrag "Sasha" Danilovic, Chris Bosh, Vlatko Cancar, Vladimir Radmanovic, Nikola Vucevic, Sani Becirovic, Aleksandar Capin, Nebojsa Joksimovic, Jaka Lakovic, Domen Lorbek , Klemen Prepelic, Zoran Dragic, Sasa Pavlovic, Matjaz Smodis, Ziga Dimec, Primoz Brezec, Raso Nesterovic, dan Erazem Lorbek.

Momen ini menandai pertama kalinya Chris Bosh benar-benar kembali ke lapangan setelah pensiun dari basket pada tahun 2016. Jika itu belum cukup, Steve Nash juga bermain basket untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, kembali ke lapangan pada usia 50 tahun. Seperti peraih dua kali MVP, Boki Nachbar dan Sani Biberovic melakukan hal yang sama.

Sepanjang malam, ada banyak momen menyenangkan, seperti 1-on-1 antara saudara Dragic dengan orang tua mereka sebagai wasit dan pencatat skor. Momen emosional juga disertakan, karena seluruh ibu kota Ljubljana berada di bawah asuhan mantan kapten tim nasional Slovenia tersebut. 

Sesuai dengan jalannya pertandingan, tim Goran Dragic menemukan cara untuk membalikkan keadaan setelah tertinggal selama sebagian besar pertandingan persahabatan melawan Luka Doncic dan rekan-rekannya. Berkontribusi pada kemenangan timnya 106-86, Dragic menyelesaikan pertandingan dengan 21 poin, 11 rebound, dan 7 asis. Di sampingnya, mantan rekan penembaknya di tim nasional Slovenia, Klemen Prepelic, membantu dengan 19 poin dan 7 asis. Nikola Vucevic hampir mencetak dobel-dobel dengan 10 poin dan 8 rebound. Pada penampilan mereka yang telah lama ditunggu-tunggu, Steve Nash dan Chris Bosh masing-masing memperoleh 2 poin.

Boban Marjanovic menghibur penonton di Stozice Arena, dan juga memimpin perolehan skor dengan 19 poin, termasuk 3/5 dari luar garis. Nikola Jokic mencetak 15 poin, 9 rebound, dan 4 asis. Sementara kapten Luka mengakhiri pertandingan dengan 7 poin dan 5 asis. 

Pertandingan dihentikan dan berakhir pada detik ke-7,7 untuk nomor Dragic. Pemain point guard ikonik Slovenia itu menangis ketika seluruh stadion mulai meneriakkan namanya pada menit-menit awal pertandingan dan kemudian, ketika keluarga dan anak-anaknya melangkah ke lapangan dan bermain bersama pada tiga menit terakhir pertandingan. (*)

Foto: Eurohoops

Komentar